Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Harno-Bayu Gugat Hasil Pilkada Rembang ke MK, Angkat Dugaan Kecurangan Terstruktur

MURIANEWS, Rembang – Merasa ada banyak pelanggaran dalam pelaksanaan Pilkada Rembang pada 9 Desember lalu, paslon Harno-Bayu Andriyanto mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK). Gugatan itu telah diterima secara resmi oleh panitera MK bernama Muhidin SH, M.Hum.

Kuasa hukum Harno-Bayu, Nimerodi Gulo menjelaskan, ada banyak dugaan kecurangan dalam Pilkada Rembang tahun ini. Bahkan menurut dia hal itu dilakukan secara terstruktur, sistematis dan masif.

Pihaknya pun menuding jika kecurangan tersebut nampak terang-terangan dilakukan.

“Bahkan potensi TSM (terstruktur, sistematis dan masif) cukup terlihat, yakni ada kekuasaan yang bermain dengan menggunakan kekuasaan dalam mengatur pemenangan pasangan calon tertentu,” kata Gulo, Jumat (18/12/2020).

Pihaknya juga sudah melampirkan sejumlah alat bukti dalam berkas gugatan yang diajukan ke MK. Menurutnya, pengajuan gugatan MK tersebut semata-mata untuk mencari keadilan terhadap dugaan kecurangan yang terjadi dalam pelaksanaan Pilkada Rembang.

“Kami mengajukan permohonan ke MK, sekaligus melakukan upaya-upaya lain termasuk melaporkan ke pihak-pihak terkait atas pelanggaran pelanggaran yang dilakukan oleh KPU dan Bawaslu,” jelasnya.

Sementara tim advokasi Harno-Bayu, Karyono menyebut dugaan-dugaan pelanggaran yang terjadi di sejumlah TPS, sejatinya telah diungkapkan secara langsung kepada pihak penyelenggara maupun panwas tingkat kecamatan.

Hanya saja menurut dia, temuan-temuan tersebut tak ditindaklanjuti oleh pihak terkait. Sehingga pihaknya pun melaporkan dugaan itu ke Bawaslu Rembang.

“Kami datang ke Bawaslu membawa segebok data yang kami suguhkan untuk dicermati, sehingga Bawaslu Kabupaten bisa segera mengambil tindakan,” pungkasnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...