Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyerahan Rapor Siswa Semester Ganjil di Kudus Dilakukan Secara Daring

MURIANEWS, Kudus – Penyerahan laporan hasil belajar semester ganji atau yang biasa disebut rapor tahun ajaran 2020/2021 di berbagai tingkat sekolah dilaksanakan secara daring. Hal tersebut dilakukan, untuk mencegah penularan Covid-19 dan menghindari potensi adanya kerumunan.

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kudus Dian Vitayani Winahyu mengatakan, sebelumnya pihaknya memperbolehkan penyerahan rapor di sekolahan dilaksanakan dengan pilihan dua skema.

Yang pertama skema daring dengan menyerahkan softcopy, dan yang kedua luring (luar jaringan) dengan menghadirkan orang tua wali secara terjadwal dan menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

“Namun dengan pertimbangan harus lebih waspada dengan kondisi Covid-19 yang belum juga menurun, dan sesuai petunjuk gubernur Jawa Tengah dan Plt Bupati Kudus. Karena itu semester ganjil ini penyerahan rapor dilakukan melalui daring,” kata dia Jumat (18/12/2020).

Ketentuan tersebut, berlaku untuk semua sekolah yang berada di bawah kewenangan Disdikpora Kudus. Baik tingkat PAUD, SD, ataupun SMP. Pelaksanaanya sendiri, ada yang hari ini dan Sabtu (18/12/2020) besok.

“Yang sekolahnya berlaku lima hari itu penyerahannya hari ini, tapi untuk yang enam hari penyerahannya besok. Kami sudah sosialisasikan hal itu ke masing-masing sekolah,” ucap dia

Untuk teknisnya, lanjut Dian, dari masing-masing sekolahan diberi kewenangan dengan caranya masing-masing.

“Apakah nanti ada yang dibuat file PDF, ataupun gambar, melalui WA, email ataupun aplikasi itu juga tergantung sekolahan. Yang terpenting nilai belajar selama semester ganjil tersampaikan kepada orang tua wali dan dilakukan secara daring,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...