Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Sugiharto, Satu-Satunya di Kudus Tekuni Usaha Kue Tradisional Gembala Sapi

MURIANEWS, Kudus – Sugiharto, saat ini masih melestarikan kue roti Gembala Sapi yang diturunkan secara turun temurun sejak era kakeknya yang sudah memproduksi 60 tahun silam. Bahkan dia menyebut menjadi satu-satunya pembuat kue gembala sapi di Kota Kretek.

Ditemui MURIANEWS di kediamannya yang berada di Desa Piji, RT I, RW IV, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Sugiharto menjelaskan tentang kue tradisional yang diberi nama Gembala Sapi itu.

“Ini merupakan kue tradisional dan sudah ada sejak 60 tahun yang lalu. Saat itu yang membuat kakek saya dan di masa itu pengerjaannya masih manual belum pakai mixer dan oven. Makanya disebut juga roti legendaris,” katanya, Kamis (17/12/2020).

Dia menyebut, proses pembuatannya tidak sembarangan. Sebab, bergantung pada kondisi cuaca. Bahkan, metode pembuatan antara pagi hari dengan siang hari dilakukan secara berbeda.

“Bahannya tepung kanji, gula dan kelapa. Tapi proses pembuatannya berbeda antara pagi dan siang hari,” ujarnya.

Menurutnya ketika proses pembuatan kue dilakukan di pagi hari, ketika roti selesai dicetak dapat langsung dioven. Sebab kondisi cuaca yang masih dingin membuat kadar air pada kue masih pas.

“Kalau siang hari kadar air di kue kan menguap. Sehingga kue jadi kering dan harus disemprot lagi dengan air sebelum dimasukkan ke oven,” terangnya.

Lebih lanjut, proses penyemprotan juga tidak dapat dilakukan sembarangan. “Kalau nyemprotnya kebanyakan, kuenya mengembangnya tidak ke atas. Tapi justru ke samping. Jadinya jelek,” ungkapnya.

Setelah dikemas, pihaknya memasarkan kue gembala sapi ke area di luar Kudus yang sudah memiliki peminat. Mulai dari Pati, Wonogiri, dan Jepara. Dalam sehari dia pernah menjual hingga setengah kuintal kue.

“Kalau di Kudus malah belum ada pangsa pasar. Kalau memasarkan kebanyakan ke Pati, Jepara, dan Wonogiri. Harganya beragam, untuk ukuran 1,5 ons ini harganya Rp 12 ribu. Kami juga ada ukuran seperempat kilogram dan setengah kilogram,” imbuhnya.

Pria yang sudah memulai produksi roti puluhan tahun itu berharap ke depannya bisa mengembangkan pemasaran kue gembala sapi lebih luas lagi.

 

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...