Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembangunan City Walk Sunan Kudus Dirampungkan Malam Nanti 

MURIANEWS, Kudus – Pembangunan kawasan City Walk Sunan Kudus bakal dirampungkan Kamis (17/12/2020) hari ini. Pihak pengembang berencana memasang sejumlah bagian-bagian akhir malam nanti.

Sehingga besok, City walk Sunan Kudus yang digadang-gadang sebagai Maliobornya Kudus pun sudah bisa dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat Kota Kretek sekitarnya.

“Malam ini kami rampungkan, sementara untuk penyerahan sementara pekerjaannya pada Pemkab kami lakukan besok siang,” kata pelaksana pengerjaan Abdul Khodir, Kamis (17/12/2020).

Ia mengatakan, sejumlah bagian yang tengah dipasang, kata dia, adalah seperti lampu melintang, dan bagian-bagian lainnya beserta pembersihan area pedestrian.

“Khusus lampu melintang ada sekitar 20 lampu melintang dengan ornamennya,” ujarnya.

Sementara untuk lampu pedestrian dan instalasi listrik sebelumnya juga telah terpasang di tiap titik. Menyusul tanaman tabebuya yang sebelumnya telah diletakkan terlebih dahulu.

“Kalau untuk tabebuyanya, mungkin sekitar dua bulan perawatan baru bisa berbunga,” katanya.

Soal konsep, Abdul mengatakan memang ada sedikit perubahan. Mulai dari berkurangnya kawasan pedestrian sebelah selatan sepanjang 100 meter karena adanya bangunan menjorok.

“Selain itu hampir tidak ada, kami juga menambah saluran air supaya lancar langsung ke sungai,” kata dia.

Pihak rekanan sendiri, masih memiliki tanggung jawab untuk merawat Kudus City Walk Sunan Kudus selama enam bulan ke depan. Untuk setelahnya, akan diserahkan seluruhnya pada Pemkab Kudus.

Diketahui, konsep pembangunan Kudus City Walk merupakan kawasan semi pedestrian, degan dihias dihasi pohon tabebuya dengan empat warna yang berbeda di masing-masing titik.

Ada empat jenis warna, yakni merah, putih, kuning, dan pink. Keempat warna tersebut juga, akan dikelompokkan di empat titik yang berbeda. Dengan titik pertama di titik awal lokasi city walk, yakni pojok alun-alun.

Pembangunan kawasan pedestriannya sendiri dimulai dari pojok Alun-alun Kudus hingga jembatan Sungai Gelis di Jalan Sunan Kudus. Dengan panjang jalan 562 meter dan lebar jalan eksisting rata-rata sekitar 22 meter.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...