Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perolehan Suara Pilkada Grobogan Selesai Direkap, Ini Hasilnya

MURIANEWS, Grobogan – KPU Grobogan menggelar rekapitulasi perolehan suara Pilkada 2020 tingkat kabupaten, Rabu (16/12/2020). Pelaksanaa rekapitulasi dilanjutkan dengan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara yang dilangsungkan di Hotel Kyriad Grand Master Purwodadi berlangsung dari siang hingga selepas magrib.

Dalam rekapitulasi itu, Bawaslu Grobogan sempat menyampaikan adanya perbedaan atau selisih data penggunaan surat suara. Kemudian adanya selisih data dua orang pemilih dari penyandang disabilitas.

Adanya sorotan dari Bawaslu ini menyebabkan pihak KPU terpaksa harus membuka data yang sudah tertulis dalam plano untuk dicocokkan dalam input data yang ditulis dalam format excel.

Setelah diteliti, ternyata ada kekeliruan saat menginput data di Kecamatan Wirosari. Yakni, data yang seharusnya 73.439 tetapi tertulis menjadi 73.749.

Kemudian untuk selisih data pemilih disabilitas akhirnya juga bisa diselesaikan. Di mana, sebelumya sudah ada catatan perbaikan data pemilih di Kecamatan Klambu, Gabus dan Toroh. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan rapat pleno terbuka rekapitulasi penghitungan suara.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyampaikan, dalam Pilkada yang berlangsung 9 Desember 2020 kemarin, jumlah daftar pemilih tetap sebanyak 1.114.536 orang. Dari jumlah ini ada 708.614 orang yang menggunakan hak pilihnya atau 63,58 persen.

“Sedangkan jumlah pemilih yang tidak menggunakan hak pilihnya ada 405.922 orang atau sekitar 36,42 persen,” katanya.

Ia melanjutkan, dari rekapitulasi yang dilakukan, untuk kotak kosong mendapat 93.776 suara atau 13,56 persen. Sedangkan paslon Sri Sumarni-Bambang Pujiyanto meraup 597.463 suara atau 86,44 persen. Kemudian ada 17.375 suara yang dinyatakan tidak sah.

Alhamdulillah, hasil rekapitulasi perolehan suara ini sudah tidak ada masalah lagi. Selanjutnya, akan kita laporkan ke KPU Provinsi,” ujarnya.

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...