Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Dulu Diejek Cadel, Youtuber Ayu Asal Kudus Ini Sukses Kumpulkan Rupiah dari Lagu-Lagu Jawa

MURIANEWS, Kudus – Gadis cantik ini memiliki keterbatasan, yakni tak bisa mengucapkan huruf ‘r’ secara utuh. Namun ini tak menyurutkan semangat gadis bernama Kania Chandra Kirana Kinaldy (20) ini untuk tetap berkarya dan menyalurkan hobi dalam bernyanyi.

Dulu, dara yang saat ini tercatat sebagai mahasiswi Universitas Muria Kudus (UMK) itu, bahkan sempat diejek karena tidak bisa bernyanyi sebab cadel. Terlebih, sampai sekarang dirinya masih teringat dulu guru ekskulnya juga sempat mengejeknya.

“Saya masih ingat. Dulu pas ikut ekstakulikuler sekolah katanya (Guru Kania) gini ; Kalau semua orang di dalam ruangan diranking nyanyinya, Kania dapat paling terakhir. Soalnya dia tidak bisa ngomong ‘r’,” katanya menirukan kalimat gurunya itu, Rabu (16/12/2020).

Waktu itu, lanjut gadis yang tinggal di Desa Pedawang, Bae, Kudus itu, saat dirinya masih duduk di bangku SMP. Akibat ejekan tersebut, semangatnya pun makin terpacu untuk tekun belajar dan berlatih bernyanyi secara otodidak.

“Saya cuma mau buktiin, saya bisa kok nyanyi meski tidak jelas saat mengucap ‘r’. Dan ingin mendengar guru saya itu menyebut dengan bangga ‘itu murid saya dulu’,” ungkap mahasiswi semester lima Ilmu Hukum itu.

Usahanya tersebut kini membuahkan hasil. Kini, suara Kania  perlahan mulai digemari oleh berbagai kalangan. Bahkan, Channel Youtube Kania Kinaldy miliknya sudah memiliki 16 ribu lebih subscriber dan jutaan orang telah menonton lagu-lagu Jawa yang di-covernya.

Menurutnya, dulu lagu-lagu Jawa tak se-favorit di kalangan anak muda seperti zaman sekarang. Terlebih seperti lagu campursari yang peminatnya hanya kalangan-kalangan tertentu.

“Memang sengaja buat cover lagu Jawa dengan versi dan kemasan yang lebih ringan. Mulai cover lagu itu hampir sekitar tiga tahunan lalu. Alhamdulillah sekarang juga sudah ngehasilin pundi-pundi rupiah,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...