Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Rekrutmen P3K, Tjahjo Kumolo Minta Bupati Haryanto Ajukan Kebutuhan Tenaga Guru di Pati

MURIANEWS, Pati – Pemerintah melalui Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB), pada 2021 mendatang akan membuka rekrutmen Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (P3K). Tak tanggung-tanggung, jumlahnya pun mencapai satu juta.

Sementara formasi yang paling banyak adalah tenaga pendidik atau guru. Hal ini untuk menutup kekurangan guru di lembaga pendidikan yang ada di Indonesia, termasuk Kabupaten Pati.

Karena itu, MenPAN RB Tjahjo Kumolo secara langsung meminta kepada Bupati Pati Haryanto agar mengajukan kebutuhan guru di Bumi Mina Tani ini. Sehingga nantinya pada saat rekrutmen, jatah kuotanya bisa terpenuhi.

“Ini momentum baik. Pak Haryanto nanti bisa mengajukan berapa jumlah guru yang harus dipenuhi di Pati. Jangan berdasarkan keinginan, tapi berdasarkan kebutuhan,” katanya saat memberikan sambutan dalam acara peresmian Mal Pelayanan Publik (MPP), Rabu (16/12/2020).

Pihaknya mengaku, ada banyak tenaga honorer yang mengeluh ke kantor MenPAN RB karena tidak diangkat P3K. Tapi dia baru bisa mengangkat sebanyak 51 ribu orang.

“Kalau Pati kekurangan tenaga, ambil honor daerah. Seperti tenaga kebersihan, tukang parkir, kan tidak harus ASN. Nanti gajinya sesuai dengan kemampuan APBD, tapi harus layak,” imbuhnya.

Dia melaporkan, komposisi ASN Indonesia per 16 Juli 2020, total ada sebanyak 4.121.176 ASN. Rinciannya, pejabat struktural sebnayak 11 persen, teknis dan kesehatan sebanyak 14 persen. Kemudian untuk guru dan dosen sebanyak 37 persen dan pelaksana atau administrasi sebanyak 38 persen.

“Tenaga guru ini masih banyak yang kurang. Tahun depan insyaAllah ada satu juta pengangkatan guru baru, pengangkatan dokter, perawat, bidan dan yang lainnya,” tutup Tjahjo.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...