Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Kudus Diperkirakan Baru Dapat Jatah 6.000 Vaksin Corona, Semua untuk Nakes

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus diperkirakan mendapat jatah vaksin Covid-19 dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah sekitar 6.000 dosis. Jumlah tersebut, akan diperuntukkan bagi seluruh tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Kudus.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo mengatakan, jumlah tersebut memang baru diberikan kepada para tenaga kesehatan saja. Sementara untuk anggota TNI dan Polri belum termasuk. Begitu pula, para Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Untuk nakes saja kira-kira dapat 6.000, TNI-Polri dan ASN belum,” kata Hartopo saat ditemui awak media di Command Center Pendapa Kabupaten Kudus, Rabu (16/12/2020).

Walau demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk tidak mengendurkan penerapan protokol kesehatan. Apalagi, pemahaman masyarakat akan penularan virus corona dirasa masih kurang.

“Terlebih ketika makan, mereka menurunkan masker dan berbicara, ini tentu bisa jadi sarana penularan,” ujarnya.

Apalagi saat ini, Kabupaten Kudus tengah mengalami peningkatan kasus corona. Per harinya saja, kata dia, ada pasien baru di atas sepuluh orang.

“Masyarakat harus paham bagaimana penularan virus ini, kalau perlu pakai face shield, kalau makan harus komitmen untuk tidak bicara,” terangnya.

Kudus sendiri, tambah dia, kini tengah berada dalam zona oranye dengan penularan sedang.

Diketahui, Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Kudus kembali mencatat penambahan kasus positif baru di Kabupaten Kudus pada, Selasa (16/12/2020) malam. Yakni sebanyak 56 kasus aktif baru.

Jumlah tersebut pun menambah pasien aktif corona di Kudus yang kini jumlahnya mencapai 390 pasien. Dari total kasus akumulatif sebesar 3.070 kasus.

Penambahan yang paling banyak terjadi adalah di Kecamatan Jati sebanyak 15 kasus serta Kecamatan Kota sebanyak 13 kasus. Sementara sisanya, tersebar di tujuh kecamatan lainnya.

Sementara secara keseluruhan, kasus corona di Kudus kini tembus 3.070 orang. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 2.356 pasien yang sudah sembuh dari corona. Sementara untuk pasien meninggal, kini ada sebanyak 324 orang.

Kemudian ada sebanyak 1.270 kontak erat masih dipantau, 164 suspek, dan 62 probable. Dari 164 suspek dalam wilayah sebayak 71 dirawat dan 93 isolasi mandiri.  Untuk 62 kasus probable dalam wilayah, keseluruhannya meninggal dunia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...