Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tjahjo Kumolo Berharap Ada Tempat untuk Menikah di MPP Pati

MURIANEWS, Pati – Adanya Mal Pelayanan Publik (MPP) menjadi trobosan baru dalam mempercepat proses pelayanan semua perizinan. Selain itu juga bisa menekan praktik korupsi dan kolusi.

Hal itu pun disambut baik oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Tjahjo Kumolo. Bahkan dirinya berharap pelayanan bisa lebih diperluas, seperti penyediaan tempat untuk menikah.

“Kalau perlu di MPP ini ada tempat untuk menikah. Sekalian nanti pengantinnya bulan madu di hotelnya pak wakil bupati (Saiful Arifin),” katanya usai meresmikan MPP Pati, Rabu (16/12/2020).

Selain itu, perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM) diharapkan juga bisa dilakukan di MPP. Bahkan dirinya meminta agar prosesnya dipersingkat, setidaknya kurang dari satu jam.

“Bahkan Korlantas sudah berencana melakukan hal itu. Tahun depan, orang yang membuat SIM, SIMnya langsung diantar ke rumah,” ungkapnya.

Begitu juga dengan Permendagri ataupun pelayanan yang ada di bawahnya. Rencananya akan
terintegrasi dengan MPP. Sehingga orang bisa membuat akte kelahiran, akte kematian ataupun catatan kependudukan yang lain dengan cepat.

“Tapi memang kalau untuk membuat paspor tidak bisa sejam jadi. Karena harus detail, riwayat kelakuan baik dan lain sebagainya juga harus ada,” imbuhnya.

Tidak hanya itu, nantinya pembuatan sertifikat tanah, layanan BPJS kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, taspen, dan lain-lain juga masuk dalam program. Termasuk yang tidak kalah penting adalah perbankan.

“Saya harap layanan di MPP ini semakin bertambah, sehingga dapat mencakup kebutuhan masyarakat. Percepatan pelayanan maupun perizinan inilah yang menjadi salah agenda besar reformasi birokrasi,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...