Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pandemi, Bursa Lowongan Kerja Jepara Tahun Ini Digelar Via Online

MURIANEWS, Jepara – Bursa lowongan kerja (job fair) Jepara tahun ini dipastikan tetap digelar. Hanya saja, tahun ini job fair Jepara tidak digelar secara tatap muka. Hal ini dikarenakan, situasi yang tidak memungkinkan mengingat masih terjadi pandemi Covid-19.

”Sebenarnya sudah ada rencana untuk menggelar event Job Fair, secara tatap muka. Tapi akhirnya tidak jadi karena pandemi covid. Selanjutnya, untuk lowongan pekerjaan bisa diakses melalui online,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja, Perluasan Kesempatan Kerja dan Latihan Produktifiras di Diskop-UKM-Nakertrans Jepara, Amrina Rosyida, Selasa (15/12/2020).

Diakui, untuk bursa lowongan kerja online tahun ini dilaksanakan dengan format yang belum sepenuhnya bagus. Karena itu untuk tahun depan, bursa lowongan kerja melalui jaringan online akan dipersiapkan dengan lebih baik.

Nantinya para pencari dan pemberi kerja dapat memposting kebutuhan atau lowongan kerja di website yokerjo.jepara.go.id. Situs ini, akan disediakan sebagai tempat bertemunya para pencari kerja dan perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja, secara daring.

Karena itu, rencana ini juga sudah mulai disosialisasikan sebagai bagian dari pelayanan kepada masyarakat. Termasuk dalam hal dengan pengurusan kartu AK 1 (Kartu Kuning Tenaga Kerja), pada tahun depan juga akan dilayani dengan sistem online. Setiap pekerja bisa mengajukan permohonan kartu ini melalui jaringan online. Jika semua persyaratan memenuhi, maka masyarakat bisa mencetak kartunya sendiri.

“Melalui situs yokerjo.jepara.go.id ini juga disediakan fasilitas pembuatan kartu AK1. Masyarakat bisa mengajukan permohonan pembuatan kartu tersebut dan bisa mencetaknya sendiri. Setiap orang yang membuat akun dan mendaftar, akan mendapatkan kartu AK1 dengan barkode khusus dari kami. Melalui barkode inilah, perusahaan yang membutuhkan pekerja bisa mengeceknya,” jelas Amrina Rosyida.

Dengan adanya situs ini, diharapkan masyarakat lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan dan memperoleh pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, juga menghindarkan masyarakat dari potensi kemungkinan tertular Covid-19, karena tidak perlu berkerumun.

Untuk menunjang pelayanan, pihaknya juga sudah menyiapkan admin pengelola situs, sampai di masing-masing kecamatan.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...