Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pembelajaran Tatap Muka di Pati Tunggu Hasil Simulasi

MURIANEWS, Pati – Pemerintah Kabupaten Pati masih belum memutuskan terkait pemberlakuan pembelajaran tatap muka (PTM) pada 2021 mendatang. Hal itu karena masih tingginya angka penyebaran Covid-19 di Bumi Mina Tani.

Kendati demikian, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disikbud) Pati berupaya untuk melakukan simulasi terlebih dahulu. Beberapa sekolah pun sudah ditunjuk untuk mempersiapkan sarana dan prasarana, termasuk protokol kesehatan.

Kepala Disdikbud Pati Winarto mengatakan, untuk simulasi mekanismenya akan dilakukan secara bertahap. Yakni menyesuaikan dengan kesiapan masing-masing sekolah.

“Ada dua sekolah yang kami tunjuk, yaitu SMP 3 dan SMP 5. Kalau nanti hasilnya sudah ada dan efektif, maka akan kami buat percontohan,” ungkapnya.

Untuk persiapan tersebut, pihaknya sudah menyarankan kepada sekolah yang ditunjuk untuk menerapkan protokol kesehatan ketat. Sehingga dalam pelaksanannya nanti, tidak ada yang meragukan.

“Pihak sekolah selain wajib menyiapkan sarpras protokol kesehatan juga harus menyiapkan data periksa sampai dengan data pemetaan data komorbid. Sehingga apabila tahapan – tahapan ini berjalan dengan baik, lancar, aman dan tidak menimbulkan klaster baru, maka tidak dimungkinkan simulasi berjalan lebih cepat,” imbuhnya.

Meskipun demikian, lanjutnya, apabila kesadaran masyarakat, guru, siswa maupun orang tua belum sepenuhnya mendukung, maka tahapan-tahapan ini tidak akan berjalan dengan baik dan semakin lama.

Pihaknya pun menyarankan kepada lembaga pendidikan yang melakukan pembelajaran secara daring, dapat semakin terkontrol. Para pendidik sebaiknya juga responsif terhadap kebijakan SKB empat menteri.

“Saya berharap bahwa pembelajaran daring dilaksanakan semakin terkontrol, fleksibel dan berkualitas. Apa yang harus dilakukan oleh kepala sekolah dalam perencanaan sampai dengan pelaksanaan daring secara rinci akan segera kita tindak lanjuti,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...