Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Ribuan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir

MURIANEWS, Pati – Sebanyak 3.130 hektare lahan persawahan yang berada di wilayah Kabupaten Pati, terendam banjir. Jumlah tersebut berada di delapan kecamatan. Adapun yang paling banyak adalah di Kecamatan Sukolilo.

Koordinator Pengendali Organisme Penganggu Tumbuhan (POPT) Kabupaten Pati Sujiyanto mengatakan, sawah yang tergenang banjir ini sudah menjadi langganan setiap tahun. Hal ini karena dalam kurun waktu dua pekan terakhir, curah hujan di Pati cukup tinggi.

Selain itu, bencana banjir di wilayah Kudus juga merembet ke wilayah Pati bagian selatan. Akibatnya luas sawah yang tergenang saat ini cukup ringgi.

“Data 3.130 itu adalah per 14 Desember kemarin. Kalau di wilayah pegunungan terjadi hujan, mungkin sudah bertambah (luas lahan yang tergenang banjir),” ungkapnya, Selasa (15/12/2020).

Sujiyanto menambahkan, banjir paling banyak berada di sekitar bantaran Sungai Juwana. Namun ada juga yang sudah menggenangi rumah warga. Hanya, jumlahnya masih sedikit.

“Seperti di Kecamatan Gabus, Desa Tanjang ini juga banyak yang terdampak banjir. Apalagi debit air di sungai Juwana semakin meninggi,” terangnya.

Lebih lanjut, sawah yang tergenang banjir iti rata-rata baru awal tanam, yakni bari 20 hari. Sehingga belum bisa dipastikan apakah nanti akan gagal panen atau tidak bisa tumbuh kembang.

Dari pantauan yang diakukan, ada juga tanaman padi yang sudah puso, yakni di areal persawahan Desa Jambean Kidul, Kecamatan Margorejo.

“Total ada sekitar 42 hektare yang puso. Tapi itu dulu, saat pertama banjir. Karena Jambean kidul yang dekat dengan sungai Juwana ini kan memang cukup luas. Kalau hujan datang, pasti sawahnya terendam banjir,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...