Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Setahun Ini 5.911 Orang di Kudus Cari Pekerjaan, Didominasi Lulusan SMA/SMK

MURIANEWS, Kudus – Dinas Tenaga Kerja, Perindustirian, Koperasi dan UKM (Disnaker Perinkop UKM) Kudus mencatat, jumlah warga Kudus yang mencari pekerjaan mencapai 5.911 orang. Data tersebut terlihat dari daftar orang yang mengajukan AK-1 untuk mencari pekerjaan mulai Januari hingga 11 Desember 2020 kemarin.

Jumlah tersebut juga diprediksikan akan mengalami kenaikan hingga akhir Desember ini. Pasalnya waktu efektif pada bulan Desember ini masih tersisa beberapa hari.

“Pasti ada kenaikan nanti kalau hingga akhir tahun. Prediksi sekitar seratusan pencari kerja terdaftar. Kalau sampai Jumat kemarin itu sudah ada 5.911 pencari kerja,” kata Kabid Penempatan Pelatiham dan Produktifitas Tenaga Kerja Bambang Santoso, Senin (14/12/2020).

Dari jumlah data tersebut, lanjut Bambang,  masih didominasi dari lulusan SMA/SMK. Saat ini sudah ada data masuk sebanyak 2.837 orang yang sudah bekerja.

Berdasarkan data yang pihaknya peroleh baik dari perusahaan atau laporan dari perorangan hingga bulan Oktober 2020 lalu.

“Itu data hingga bulan Oktober 2020 setelah kami melakukan penjemputan bola ke beberapa perusahaan untuk mendata. Kemungkinan besar saat ini sudah lebih banyak lagi. Jadi baik para pencari kerja ataupun perusahaan diharapkan bisa melapor ke kami,” ujarnya.

Untuk membantu para pencari kerja yang sudah terdaftar pada AK-1, pihaknya juga sering kali menginformasikan jika ada perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan atau membutuhkan karyawan melalui SMS gateway kepada nomor ponsel masing-masing pencari kerja.

“Jadi kami imbau agar sebisa mungkin nomor ponsel yang sudah digunakan saat mendaftar AK-1 bisa tetap aktif. Jadi semisal kami berikan informasi mengenai pekerjaan bisa tahu,” ungkapnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan tempat kepada para perusahaan jika membutuhkan tempat untuk melakukan perekrutan karyawan baru.

“Kami sediakan tempat di aula BLK, jadi seperti mini jobfair. Selain untuk memudahkan perusahaan itu juga memudahkan para pencari kerja dalam mencari pekerjaan,” tandasnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...