Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

MGMP Tata Busana Jateng Gelar Fashion Show Via Online di Jepara

MURIANEWS, Jepara – Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Tata Busana Jawa Tengah, menggelar acara fashion show via online atau daring, Senin (14/12/2020). Fashion show tersebut digelar di Aula Gedung OPD Baru, Jepara.

Ketua MGMP Tata Busana Jawa Tengah, Idria Mustika menyatakan, kegiatan ini merupakan sebuah kolaborasi antara MGMP Jawa Tengah dengan beberapa lembaga untuk menjaga kreativitas dan inovasi di bidang seni tata busana.

Beberapa lembaga tersebut di antaranya Yayasan Kartini Indonesia, Persatuan Wartawan Indonesia (PWU), Lembaga Pelestari Seni ukir Batik dan Tenun (LPSBT) Jepara, dan Komunitas Kamera Indonesia.

Kegiatan fashion virtual ini menampilkan karya busana kreasi anak-anak SMK di seluruh Jawa Tengah. Even ini juga didedikasikan untuk Hari Ibu, sebagai bentuk penghormatan bagi seluruh para ibu, yang ikut menjaga keluarganya di tengah pandemi Covid-19.

“Di samping untuk memperingati Hari Ibu, kegiatan ini juga diarahkan untuk menumbuhkan kreativitas dan inovasi para perancang busana tingkat pemula yang saat ini masih belajar di SMK jurusan Tata Busana di Jawa Tengah. Ada 20 perwakilan dari beberapa kota yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini,” ujar Indria Mustika, Senin (14/12/2020).

Acara yang disiarkan secara langsung melalui beberapa kanal media sosial ini, menampilkan sejumlah rancangan baju pesta, casual dan juga fashion carnival. Semua rancangan dari masing-masing peserta ditampilkan di atas catwalk yang dibuat di Aula Gedung OPD Bersama Pemkab Jepara.

Dalam hal ini semua juga menampilkan penggunaan masker, yang bentuk dan warnanya disesuaikan dengan rancangan fashion yang ditampilkan.

Ketua Yayasan Kartini Indonesia, Hadi Priyanto, dalam kesempatan tersebut menyatakan sangat mengapresiasi kiprah para guru yang tergabung dalam MGMP Tata Busana se-Jawa Tengah. Kegiatan ini memberi sebuah ilustrasi bahwa pandemi Covid-19 tidak boleh menjadi alasan, untuk tidak berkreasi.

“Saya kira ini sangat luar biasa. Rancangan-rancangan busana yang ditampilkan sangat orisinil dan indah. Meski harus digunakan cara yang berbeda, semua ditampilkan dan tetap bisa diapresiasi. Pandemi memang tidak boleh menghentikan kreativitas seni,” ujarnya, dalam kesempatan yang sama.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...