Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Sukun Samping
Sukun Samping

Kasus Corona Meningkat, Pemkab Blora Gencarkan Disiplin Prokes

MURIANEWS, Blora – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blora terus meningkatkan kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Terlebih kasus corona di kabupaten ini terus mengalami peningkatan.

Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Blora dokter Henny Indriyanti menyebut, berdasarkan monitoring data Covid-19 hingga Minggu (13/12/2020) kemarin, jumlah kasus positif Covid-19 tercatat ada 1.889 orang.

Jumlah ini mengalami penambahan 55 kasus dari sebelumnya. Sementara pasien corona yang meninggal tercatat sebanyak 90 orang atau bertambah empat orang dari sebelumnya.

“Kita harus disiplin, semuanya saja, patuhi protokol kesehatan. Terus biasakan cuci tangan pakai sabun, pakai masker kemana saja, jaga jarak dan hindari kerumunan. Jangan diabaikan, corona belum selesai,” katanya, Senin (14/12/2020).

Meski demikian, jumlah kasus sembuh juga cukup besar. Tercatat ada 1.489 orang dinyatakan sembuh. Jumlah itu bertambah 68 orang dari sebelumnya.

Sedangkan positif dirawat di rumah sakit 25 orang, dan isolasi mandiri 285 orang. Dinkes Blora telah melakukan swab-lab polymerase chain reaction (PCR) sebanyak 11.537 orang.

Menurut dr Heny Indriyanti, yang perlu diwaspadai dalam penyebarannya adalah di klaster keluarga.

“Yaitu jika ada salah satu anggota keluarga yang terinfeksi virus akan menularkan ke anggota keluar yang lain,” ujarnya.

Untuk itu, lanjutnya, yang harus dilakukan adalah menghindarkan anak-anak bermain bersama temannya tanpa protokol kesehatan. Kemudian, minimalisir berkumpul dengan warga lain atau menerapkan jaga jarak.

“Sementara waktu kita hindari dulu liburan keluarga. Kecuali kalau kita bisa melakukannya dengan protokol kesehatan,” kata dia.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...