Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Cegah Corona, Pintu Masuk 27 Pasar di Kudus Ditutup Sebagian

MURIANEWS, Kudus – Upaya mencegah penyebaran virus corona di 27 pasar di Kudus dilakukan oleh Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus. Yakni dengan cara membuka sebagian pintu di tiap-tiap pasar yang ada di kabupaten ini.

Seperti yang diketahui, saat ini di Kota Kretek terdapat 27 pasar. Masing-masing pintu di tiap-tiap pasar saat ini tidak dibuka secara penuh.

Saat ditemui MURIANEWS, Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perdagangan Kudus, Albertus Harys Yunanto menyampaikan saat ini pintu-pintu di 27 pasar yang ada di Kudus hanya dibuka sebagian saja.

“Di Pasar Jekulo hanya tiga pintu yang kami buka dari empat pintu yang ada. Di Pasar Brayung hanya dua pintu yang kami buka dari total tiga pintu yang ada. Kemudian di Pasar Piji ada dua pintu saja yang kami buka dari jumlah tiga pintu. Intinya kami lakukan di semua pasar di Kudus,” katanya, Senin (14/12/2020).

Dia menyebut, tujuan dari pintu yang hanya dibuka sebagian itu guna mencegah penyebaran virus corona.”Tujuannya tentu untuk mencegah penyebaran virus corona. Supaya tidak terjadi klaster Covid-19 di pasar,” terangnya.

Saat ditanya tentang pengaruh penutupan pintu yang hanya sebagian di tiap-tiap pasar, Harys tidak memungkiri berpengaruh pada pendapatan pedagang.

“Kalau berpengaruh bagi penghasilan pedagang itu pasti. Tapi ini kan juga demi kesehatan bersama,” ujar dia.

Sebelumnya, pintu di Pasar Kliwon dan Pasar Bitingan juga hanya dibuka sebagian saja. Untuk Pasar Kliwon hanya 11 pintu yang dibuka dari total keseluruhan 32 pintu. Sedangkan untuk Pasar Bitingan hanya 7 pintu yang dibuka dari total 21 pintu.

Harys berharap dengan adanya sebagian pintu yang dibuka di tiap-tiap pasar dapat mencegah penyebaran virus corona.

“Harapannya tentu dengan adanya kebijakan ini bisa mencegah Covid-19 dan tentunya tidak terjadi kluster baru di wilayah pasar di Kudus,” harapnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...