Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Penyaluran Bansos JPE UMKM Kudus Tunggu SK Bupati, Nominalnya Rp 1,5 Juta

MURIANEWS, Kudus – Penyaluran bantuan sosial (bansos) Jaring Pengaman Ekonomi (JPE) bagi pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kabupaten Kudus kini menunggu surat keputusan (SK) bupati Kudus.

“Nama-nama penerima tengah menunggu SK penerimaannya. Kalau SK turun, pencairan jalan,” kata Kepala Bidang UKM dan Koperasi Dinas Perindustrian Koperasi dan UKM Kudus Rofiq Fachri, Senin (14/12/2020).

Setelah mendapat SK, masing-masing dari penerima akan mendapat bantuan senilai Rp 1,5 juta per penerima. Dengan total penerima sebanyak 1.600 orang.

Penerimanya sendiri, sambung dia, adalah para pelaku usaha yang benar-benar terdampak pandemi corona. “Atau bisa dikatakan ultra mikro dan yang benar-benar terdampak,” ujarnya.

Persyaratan yang dikumpulkan, tambah dia, juga sama dengan Banpres Produktif Usaha Mikro (BPUM).  Mulai dari rencana anggaran belanja, legalitas usaha, hingga buku tabungan.

“Ada beberapa pelaku usaha yang tidak lolos BPUM kami masukkan ke JPE dengan pertimbangan usaha yang benar-benar terdampak,” jelas dia.

Baca: Kas Daerah Ditutup 20 Desember, Kuota Penerima JPE UMKM Kudus Dipangkas

Untuk diketahui, pihak dinas sebelumnya mengusulkan anggaran Rp 7 miliar untuk membantu sebanyak 4.666 pelaku usaha yang terdampak pandemi corona.

Kemudian karena kas daerah ditutup pada 20 Desember 2020 mendatang, jumlah penerimanya dipangkas menjadi 1.600 orang saja.

Walau demikian, pihak dinas memastikan pencairan akan dilakukan sebelum tanggal 20 Desember mendatang. “Pasti bisa sebelum itu,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...