Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Desa Rawan Bencana di Kudus Diinstruksikan Buat Pengungsian Berprotokol Kesehatan

MURIANEWS, Kudus – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menginstruksikan kepada semua desa rawan bencana di kabupaten ini untuk membuat pengungsian dengan standar protokol kesehatan.

Mulai dari penyiapan sarana cuci tangan hingga sekat ataupun jarak antarpengungsi saat berada dalam pengungsian. “Serta harus memakai masker terus ketika berada di dalam pengungsian,” kata Hartopo, Senin (14/12/2020).

Penyekatan antarpengungsi sendiri, sambung dia, bisa dengan memberi meja ataupun bangku agar jarak aman bisa terpenuhi. “Sehingga tidak dempet-dempetan. Minimal per keluarga,” ujarnya.

Selain itu, penyiapan dapur umum yang siap juga harus segera dipersiapkan. Hartopo pun berharap kejadian di tahun 2019 tidak terulang kembali. Di mana saat terjadi lonjakan pengungsi karena banjir, tapi belum ada makanan yang siap.

“Saat itu saya harus borong semua warung untuk makanan pengungsi, juru masak harus dipersiapakan dari sekarang,” kata Hartopo.

Selain itu, semua pimpinan kecamatan pun diminta untuk mempersiapkan relawan penanggulangan bencana per desa. Dengan harapan lebih ada kesiap siagaan ketika bencana datang.

Aparatur Sipil Negara (SN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Kudus, kata dia, juga diinstruksikan turut peduli lingkungan dan menjadi relawan bencana alam. Terutama pascajam kerja. “Dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,” tandasnya.

Sementara Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus Budi Waluyo mengatakan, sampai saat ini memang belum ada pengungsian yang terpakai.

Namun, jika suatu saat dibutuhkan pengungsian, dipastikan tetap akan mengedepankan protokol kesehatan. “Tentu, penerapan protokol kesehatan di pengungsian akan kami maksimalkan,” ujarnya.

Saat ini, pihak BPBD telah menyiapkan logistik untuk mempersiapkan adanya pengungsi. “Namun sampai saat ini belum ada yang mengungsi. Banjir di Jati wetan juga belum ada warga yang mengungsi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...