Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Pengurus KONI Kabupaten Tegal Studi Banding ke Grobogan

MURIANEWS, Grobogan – Sejumlah pengurus KONI dari Kabupaten Tegal melangsungkan kunjungan kerja ke Grobogan, Sabtu (12/12/2020). Kedatangan mereka dalam rangka menimba ilmu terkait pembinaan keolahragaan pada pengurus KONI Grobogan.

Dalam kesempatan itu, Wakil Ketua KONI Kabupaten Tegal Tomas Sugito menyatakan, selain silaturahmi, kedatangannya ke Grobogan adalah dalam rangka mencari tambahan ilmu pengetahuan, khususnya dalam pembinaan keolahragaan.

Dipilihnya Grobogan sebagai tempat studi banding karena kabupaten ini dinilai punya prestasi yang cukup baik, terutama di level Jawa Tengah.

“Seperti kita ketahui, dalam Porprov 2018 di Surakarta, Kabupaten Grobogan berhasil menempati peringkat empat. Sementara kami dari Kabupaten Tegal berada di posisi 27 dengan jumlah medali emas yang kita raih hanya tiga keping saja. Jadi, sangat jauh jika dibandingkan dengan Grobogan. Oleh sebab itulah, kita ingin mencari tambahan pengetahuan kesini untuk selanjutnya kita terapkan di Kabupaten Tegal,” katanya.

Disamping itu, lanjut Sugito, atlet Grobogan juga sudah berhasil meraih prestasi di level internasional. Salah satunya adalah atlet panjat tebing Aries Susanti Rahayu yang meraih emas Asien Games tahun 2018.

“Keberhasilan meraih prestasi ini tentu ada proses panjang yang dilalui. Nah, kami ingin mengetahui bagaimana upaya yang dilakukan oleh KONI Grobogan selama ini. Termasuk juga dalam penataan organisasi, pengelolaan keuangan atau anggaran serta bagiamana menjalin hubungan yang baik dengan pengurus cabang olahraga dan para atletnya,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua KONI Grobogan Fatchur Rachman menyatakan, banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam melakukan pembinaan olahraga selama ini. Antara lain, adanya kekompakan dan keterbukaan di antara semua pengurus KONI dan cabor, pembinaan dan pembuatan program kerja yang baik dan berkesinambungan.

“Tidak kalah pentingnya adalah selalu menjalin komunikasi dan koordinasi dengan para pemangku kebijakan. Seperti bupati dan jajaran Forkopimda, DPRD dan OPD terkait dan lainnya. Jadi, apa yang kita raih selama ini berkat dukungan dari banyak pihak,” katanya.

Fatchur mengatakan, pada ajang Porprov tahun 2013 di Banyumas, kontingen Grobogan berhasil menempati urutan empat besar. Prestasi ini berhasil dipertahankan pada edisi Porprov 2018 di Surakarta. “Dua edisi porprov terakhir, kita berada di peringkat empat besar,” katanya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...