Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jadi Pembicara Wisuda Ipmafa Pati, Ini Pesan Andy F Noya

MURIANEWS, Pati – Andy F Noya hadir secara virtual sebagai narasumber dalam wisuda IX Istitut Pesantren Mathaliul Falah (Ipmafa), Sabtu (12/12/2020). Pembawa acara Kick Andy itu berpesan kepada para wisudawan agar siap menghadapi kehidupan yang sesunguhnya.

“Ingat, hidup ini hanya sekali. Karena itu harus berarti. Hidup ini harus punya tujuan,” ungkap Andy.

Dia juga mengingatkan agar jangan sampai dalam hidup ini tidak mempunyai tujuan. Apalagi membiarkan hidup seperti air yang mengalir. Karena air itu tidak selamanya mengalir ke samudra luas.

“Banyak juga air yang mengalir ke comberan, ke selokan bahkan ke got-got yang bau. Karena itu kalian (wisudawan) harus menentukan tujuan hidupmu,” tegasnya.

Dia juga mengatakan agar apapun yang terjadi dalam perjalanan hidup ini, senantiasa harus disyukuri.

“Percayalah bahwa ketika kalian (wisudawan) menghadapi masa-masa yang sulit dalam kehidupan, itu sebenarnya Tuhan sedang menggembleng kalian, agar menjadi pribadi yang tanguh, pantang menyerah dan punya hati yang welas asih,” ungkapnya.

Lebih dari itu, dia juga mengakui bahwa sarjana pesantren mempuntai keunggulan yang lebih. Itu bukan sarjana sembarangan. Saat ini, santri sudah mampu bersaing dengan lulusan lain, baik di kancah nasional maupun internasional.

“Di mata saya, lulusan pesantren mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh lulusan pendidikan lain. Karena lulusan pesantren, selain mempunyai ilmu lengetahuan yang cukup, juga mempunyai bekal moral dan nilai-nilai agama,” ungkapnya.

Sehingga, tambah Andy, apabila sudah bekerja nanti, bekal-bekal tersebut yang akan menjadi pedoman.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...