Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Mau Donor Plasma Konvalesen? Ini Syarat dan Lokasi di Jateng yang Bisa Melayani

MURIANEWS, Kudus – Plasma konvalesen yang diambil dari penyintas Covid-19 bisa menjadi salah satu terapi untuk menyembuhkan pasien corona.

Para pasien Covid-19 yang sudah senvuh bisa mendonorkan plasma darahnya guna menolong pasien yang lain.

Namun ada syarat-syaratnya untuk menjadi pendonor. Dan tidak semua Unit Transfusi Darah (UTD) PMI bisa melayani donor plasma ini.

Direktur RS Aisyiyah Kudus Hilal Ariadi mengatakan, di Jawa Tengah ada tiga UTD yang bisa melayani donor konvalesen.

Ketiga UTD itu terdiri dari UTD PMI Kota Semarang yang berlokasi di Jalan MGR Sugiyopranoto nomor 31 Semarang.

Lalu di UTD PMI Kota Surakarta yang berlokasi di Jalan Kolonel Sutarto nomor 58 Surakarta, dan UTD PMI Kabupaten Klaten di Jalan Veteran nomor 80.

Menurut Hilal Ariadi, ada beberapa syarat untuk menjadi pendonor plasma konvalesen. Yakni usia 18 sampai 60 tahun, berat badan lebih dari 55 kilogram, sembuh dari Covid-19 dengan hasil PT PCR negatif, dan bebas gejala setelah 14 hari sembuh.

“Kondisi pendonor plasma konvalesen harus sehat dan tidak memiliki penyakit penyerta,” katanya, Sabtu (12/12/2020).
C
Dia menambahkan, ada beberapa alur yang dilakukan bagi pendonor untuk mendonorkan plasma konvalesen.

“Pendonor yang memenuhi kriteria akan dihubungi oleh UTD PMI atau rumah sakit,” sambungnya.

Lebih lanjut, setelah dihubungi oleh pihak UTD PMI atau rumah sakit, pendonor nantinya diminta mengisi informed consent.

“Pendonor akan dilakukan pengambilan sampel darah untuk skrining, pemeriksaan tinggi badan, berat badan, golongan darah dan tekanan darah,” sambungnya.

Nantinya, pendonor yang memenuhi kriteria dapat dilakukan plasmaferesis, yakni prosedur medis untuk melepaskan sebagian plasma dari darah. Setelah itu diambil plasma konvalesen sebanyak 400 sampai 500 CC.

Baca: Plasma Konvalesen Disebut Tak Bisa Gantikan Vaksin Covid-19

Kemudian, plasma konvalesen dapat langsung diberikan pada pasien atau disimpan pada suhu -20 derajat Celsius sampai dengan suhu -30 derajat Celsius.

Saat ditanya untuk daerah Kudus, ketersediaan UTD PMI maupun UTD RS yang bisa dikunjungi untuk donor plasma konvalesen memang belum tersedia di Kota Kretek.

“Di Kudus belum tersedia. Karena untuk Jawa Tengah baru ada tiga. Di Semarang, Surakarta, dan Klaten. Kalau ada yang membutuhkan biasanya carinya ke tiga UTD PMI tersebut,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...