Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Plasma Konvalesen Disebut Tak Bisa Gantikan Vaksin Covid-19

MURIANEWS, Kudus – Plasma konvalesen yang didapat dari seseorang yang sembuh dari Covid-19 dirasa belum bisa menggantikan vaksin Covid-19.

Seperti yang diketahui, plasma konvalesen merupakan plasma darah yang diambil dari penyintas Covid-19 dan darahnya mengandung antibodi.

Plasma konvalesen itu diberikan kepada pasien penderita Covid-19 yang sedang dalam penanganan sebagai salah satu terapi untuk penyembuhan. Bukan untuk pencegahan virus masuk ke tubuh manusia seperti vaksinasi.

Menurut Direktur RS Aisyiyah Kudus, Hilal Ariadi keberadaan plasma konvalesen hanya sebagai terapi. Keberadaannya tidak bisa menggantikan vaksin Covid-19.

“Plasma konvalesen hanya sebagai terapi bagi seseorang yang terkena Covid-19. Keberadaannya tidak bisa menggantikan vaksin Covid-19,” katanya, Sabtu (12/12/2020).

Dia menyebut, secara uji klinis untuk plasma konvalesen juga belum terbukti efektif. Memang menurut dia, ada beberapa pasien yang sembuh setelah menjalani terapi plasma konvalesen.

“Tapi ada juga yang belum bisa sembuh ketika diberi plasma konvalesen,” sambungnya.

Mengingat kondisi pandemi corona yang belum berakhir, Hilal mengimbau agar masyarakat tetap waspada dan menaati protokol kesehatan lewat 3M. Mulai dari memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Saat ini pandemi kan belum berakhir. Untuk masyarakat supaya tetap menerapkan 3M. Selain itu harus ada kewaspadaan secara penuh. Tetap pakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...