Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Efektifkah Face Shield Tanpa Masker yang Dipakai Artis di TV? Ini Penjelasan IDI Kudus

MURIANEWS, Kudus – Saat ini di layar kaca kerap ditemui publik figur yang membawakan acara sambil memakai face shield tanpa memakai masker. Efektifkah hal itu untuk mencegah penyebaran virus corona?.

Humas Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kudus dr Dony Wicaksana memberikan jawaban. Menurut dia, penggunaan face shield tanpa masker tidaklah efektif.

“Tetap harus memakai masker. Memang tidak bisa memaksakan. Tapi face shield itu hanya sebagai penghalang ketika benar-benar tidak bisa menjaga jarak di sebuah kerumunan untuk menutupi muka,” katanya, Sabtu (12/12/2020).

Dia menambahkan, face shield tetap tidak efektif ketika digunakan tanpa menggunakan masker. Terlebih potensi masuknya virus melalui droplet melalui saluran pernapasan masih cukup besar.

“Ketika memakai face shield tapi tidak memakai masker, hidung kita kan tidak ada pelindungnya. Itu bisa jadi celah bagi droplet. Apalagi kalau ada angin,” sambungnya.

Menurut dia, pemakaian masker lebih efektif ketimbang menggunakan face shield.

Dony mengatakan, ketika seseorang dan lawan bicara sama-sama memakai masker, kemungkinan untuk terkena droplet hanya satu persen.

“Kalau salah satu tidak pakai masker kemungkinan terkena droplet bisa 20 persen. Kalau sama-sama tidak memakai masker kemungkinan terkena droplet bisa mencapai 80 persen,” terangnya.

Lebih lanjut, menurut dia lebih aman dan efektif ketika menggunakan masker. Lebih aman lagi jika memakai keduanya.

“Tetap aman pakai masker. Syukur-syukur pakai masker didobel face shield lebih aman lagi. Jadi yang perlu ditekankan face shield bukan pengganti masker karena secara medis hal itu salah,” ujar dia.

Dony juga menyampaikan untuk penggunaan masker juga harus yang standar. Salah satunya masker medis.

“Masker yang direkomendasikan yakni masker medis. Karena ada penyaringnya serta bisa melindungi diri dari virus dan bakteri,” terangnya.

Dia pun berharap masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan meliputi 3M untuk mencegah penyebaran virus corona. Yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...