Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Belajar Sejarah Kretek Hingga Fosil Purba di Kudus Melalui Museum Virtual

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat Kudus bisa melihat, belajar dan mengenal koleksi tiga museum di Kudus hanya melalui layar gawai. Bahkan juga bisa melihat koleksi 21 museum di Jawa Tengah dan satu museum nasional melalui pameran virtual yang diadakan Museum Ranggawarsita Semarang.

Kabid Kebudayaan pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Lilik Ngesti mengatakan Dua museum milik Pemkab Kudus yakni Museum Situs Purbakala Patiayam dan Museum Kretek diikutkan dalam pameran museum virtual itu.

Selain itu, satu museum di Kudus milik swasta, yakni Museum Jenang juga ikut dalam pameran virtual tersebut. Menurutnya di masa pandemi ini hal tersebut bisa menjadi alternatif masyarakat untuk belajar dan lebih mengenal museum tanpa harus keluar rumah.

“Silahkan liburan di rumah saja. Belajar mengenal museum di rumah lewat smartphone. Di sana selain menampilkan beberapa koleksi juga terdapat deskripsinya. Masyarakat bisa mengaksesnya di Pameranbersamavirtual.id,” katanya Jumat (11/12/2020).

Ia merincikan beberapa koleksi yang ditampilkan dua museum yang dikelola pemerintah. Museum Kretek sendiri, menampilkan tentang sejarah kretek, mulai dari sosok Nitisemito, perusahaan Bal Tiga, cengkeh dan tembakau, cangkir promosi Bal Tiga, alat pembuat rokok tradisional hingga sigaret kretek mesin (SKM).

Sedangkan, untuk Museum Situs Purbakala Patiayam menampilkan fosil-fosil terbaik yang dimiliki di museum tersebut. Seperti, fosil gajah purba, tengkorak kerbau purba, tempurung kura-kura purba, cangkang kerang laut, rahang badak dan monyet, kudanil purba hingga gigi hiu purba.

“Pameran virtual itu akan berjalan sekitar satu tahun. Ini bisa menjadi pembelajaran dan alternatif bagi siswa untuk melihat koleksi museum secara virtual,” tandasnya.

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...