Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Intensitas Hujan Tinggi, Puluhan Hektare Sawah di Pati Terendam Banjir

MURIANEWS, Pati – Tingginya intensitas hujan di wilayah Kabupaten Pati dalam beberapa hari terakhir, membuat puluhan sawah di Desa Tanjang, Kecamatan Gabus terendam banjir. Padahal, sawah tersebut sudah ada tanaman padi yang umurnya sekitar tiga minggu.

Kepala Desa Tanjang Djomo mengatakan, luas lahan sawah yang terendam banjir diperkirakan mencapai 96 hektare. Kondisi ini bisa saja bertambah apabila hujan masih terus terjadi, terutama di bagian hulu.

“Ini karena luapan sungai tanjang, debit airnya meningkat mulai dari kemarin. Sudah ada yang meluber ke areal persawahan,” ungkapnya, Jumat (11/12/2020).

Lebih lanjut, yang sangat disayangkan areal persawahan yang baru ditanami padi. Para petani juga sudah mengeluarkan banyak biaya, termasuk pemupukan.

“Kalau ini kebanjiran, kan kasihan petani. Padi tidak jadi tumbuh baik, apalagi panen,” imbuhnya.

Ia pun menaksir, untuk kerugian setiap hektare sawah diperkirakan mencapai Rp 6 juta. Sehingga total kerugian diperkirakan mencapai Rp 576 juta.

Lebih dari itu, beberapa rumah warga di Desa Tanjang juga tergenang air. Ketinggian mencapai 20 centimeter. Namun, warga maaih bertahan di rumah. Mereka belum ada rencana untuk mengungsi.

“Semoga diberi bantuan bibit dan sembako untuk warga yang rumahnya terkena banjir,” harapnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...