Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jika Banjir di Jati Wetan Kudus Kian Parah, Tempat-Tempat Ini Jadi Tempat Pengungsian

MURIANEWS, Kudus – Sejumlah tempat telah disiapkan untuk menampung para pengungsi jika bajir yang melanda Desa Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus. Banjir di desa itu setidaknya telah menggenangi puluhan rumah warga.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, per kemarin Kamis (10/12/2020) terdapat 64 rumah di tiga dukuh yang terdampak banjir lantaran curah hujan yang tinggi.

Salah satu tempat yang disiapkan untuk pengungsian yakni Balai Desa Jati Wetan. Tempat ini disebut mampu menampung hingga 500 orang.

“Kalau tanpa sekat bisa menanpung 500 orang. Kalau diberi sekat dan jarak bisa menampung setengahnya,” kata Kades Jati Wetan Suyitno.

Dia menambahkan, ketersediaan tempat mandi cuci kakus (MCK) di balai desa itu ada tiga unit. Sementara untuk logistik makanan dan minuman juga telah disiapkan.

”Untuk alas tidur biasanya ada bantuan dari pihak swasta. Logistik untuk makan juga sudah kami persiapkan,” sambungnya.

Baca: 64 Rumah di Tiga Dukuh Desa Jati Wetan Kudus Terendam Banjir

Selain di Balai Desa Jati Wetan, pihaknya juga memiliki opsi kedua jika kapasitas Balai Desa Jati Wetan tidak mencukupi. Yakni mengarahkan pengungsi ke SDN 1 Jati Wetan.

“Kalau balai desa tidak cukup. Bisa ke SDN 1 Jati Wetan. Tapi saat ini sudah banyak juga warga yang rumahnya ditinggikan. Kemungkinan pengungsi juga tidak banyak,” ujarnya.

Suyitno mengimbau warganya jika kondisi tidak memungkinkan dapat segera mengungsi ke balai desa.

“Kalau situasi tidak memungkinkan secepatnya ke balai desa. Karena untuk selimut dan obat-obatan kami tersedia,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...