Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

BPBD Kudus Sarankan Bantuan Langsung ke Desa Terdampak Bencana

MURIANEWS, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus menyarankan agar pemberian bantuan kebencanaan diserahkan langsung ke pemerintah desa (pemdes). Langkah itu dilakukan supaya bantuan bisa cepat dan tepat sasaran.

Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kudus Wiyoto mengatakan, pihak BPBD Kudus sebenarnya memiliki posko bantuan. Tetapi menurutnya akan lebih cepat dan tepat ketika diserahkan langsung ke tempat terjadinya bencana melalui desa.

“Kalau mau dititipkan di posko bantuan BPBD Kudus bisa. Tetapi alurnya tidak cepat. Kami sarankan agar diserahkan langsung ke desa supaya cepat dan tepat sasaran,” katanya, Jumat (11/12/2020).

Lebih lanjut, dia juga menyarankan kepada donatur agar berkoordinasi dengan pihak desa terkait bantuan yang dibutuhkan.

“Kalau terima barang dulu tidak fleksibel. Mending langsung ke desa supaya tahu juga bantuan apa yang sedang dibutuhkan,” ujarnya.

Ditanya lebih lanjut, menurut Wiyoto biasanya hal yang paling dibutuhkan masyarakat ketika terjadi bencana yakni bantuan berupa makanan, pakaian, dan obat-obatan.

“Daerah-daerah rawan bencana saat ini juga sedang kami petakan butuh apa saja. Misalnya daerah Kesambi dan Setrokalangan. Dan mengingat cuaca masih ekstrem imbauan kami masyarakat tetap waspada dan berhati-hati,” pungkasnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...