Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

ASN di Kudus Diimbau Ikut Jadi Relawan Penanganan Bencana

MURIANEWS, Kudus –  Aparatur Sipil Negara (SN) di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus diinstruksikan turut peduli lingkungan dan menjadi relawan bencana alam. Terutama pascajam kerja kantor.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo menegaskan, para ASN harus lebih peduli lingkungan sekitar rumahnya, mengingat kini telah memasuki musim hujan. Terlebih, bagi para ASN yang tinggal di daerah rawan bencana.

Hartopo menyebut, para ASN memiliki waktu luang yang cukup untuk turut membantu penanganan bencana alam. Terutama di daerahnya masing-masing.

“ASN perlu peduli lingkungan, ini perlu langkah antisipasi, termasuk penyiapan relawan,” ujarnya saat sambutan penutupan Pelatihan Kepemimpinan Administrator angkatan III di Lantai IV Gedung Setda Kudus, Kamis (10/12/2020).

Keberadaan para relawan yang cukup banyak, lanjut dia, diharapkan mampu meringankan langkah-langkah pemkab dalam mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam. Terutama yang disebabkan tingginya curah hujan di Kudus.

Pemkab Kudus sendiri, tambahnya, telah menginstruksikan masing-masing pemerintah desa untuk mempersiapkan tempat pengungsian serta dapur umum.

Sehingga apabila terjadi bencana dan membutuhkan lokasi pengungsian sudah tersedia tempatnya dan tinggal menempatinya.

Menambahkan, Sekretatis Daerah (Sekda) Kudus Sam’ani Intakoris dalam waktu dekat akan menggelar rapat kebencanaan. Dengan tujuan memaksimalkan fungsi dan peran dari BPBD.

“Di dalam BPBD juga terdapat para relawan dari berbagai organisasi masyarakat (ormas) yang sudah dibekali kemampuan dalam penanganan bencana,” ucap dia.

Sedangkan para ASN, bisa menjadi relawan di lingkungan rumahnya masing-masing. Hal-hal kecil seperti membersihkan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan juga diharapkan bisa dilakukan para ASN.

“Mereka bisa menjadi contoh buat masyarakat untuk berperan serta melakukan pencegahan bencana alam,” katanya.

ASN, lanjut dia, juga bisa ikut bersedekah menyiapkan makan dan minum bagi warga yang kerja bakti di lingkungan sekitar. Atau membantu menyiapkan kebutuhan lain para pengungsi.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...