Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Jangan Salah Pilih, Begini Cara Memillih Durian Manis dan Lezat

MURIANEWS, Jepara – Bagi penggila buah durian, saatnya mungkin telah tiba untuk melampiaskan hasrat menikmati buah berduri ini. Di wilayah Jepara, yang dikenal memiliki verietas durian asli Jepara, saat ini sudah mulai memasuki musim durian.

Di sejumlah lokasi sentra durian Jepara, sudah ada yang mulai menjualnya. Meski harganya masih relatif agak mahal, namun para penggila durian sudah bisa memulai ‘pesta’nya. Lalu bagaimana cara memilih durian yang bagus dan lezat?

Durian dengan bentuk dan cita rasanya yang khas, memerlukan perlakuan yang agak berbeda dalam proses memilihnya. Seseorang harus memiliki ‘pengetahuan’ tentang bagaimana cara memilih durian yang berkualitas untuk dinikmati kelezatannya.

Menurut Pratomo, salah satu ahli durian, memilih buah durian membutuhkan ketelitian dan kemampuan indera penciuman yang bagus. Ini penting untuk memastikan buah durian apakah sudah matang dan siap santap atau belum.

Sesuai pengalamannya, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengenali buah durian yang kondisinya bagus dan siap dinikmati. Caranya adalah dengan melihat atau mengobservasi dari luar, atau melihat langsung isinya, dengan membuka sedikit bagian dari durian.

Durian yang bagus adalah memiliki bentuk bulat, dengan warna yang tua. Kemudian bentuk ‘bintang’ di bagian bawah kulit durian yang baik bisanya ukurannya lebar. Ciri lainnya, durian yang enak pada umumnya memiliki duri yang tidak terlalu lancip. Kemudian dasar duri kulit durian berukuran lebar.

Para peserta lomba durian menunjukkan durian miliknya. (MURIANEWS/Budi Erje)

“Kalau dari luar kriterianya sudah masuk seperti itu, maka langkah selanjutnya adalah mencoba mengenali aromanya. Diendus saja di beberapa bagian. Kalau aromanya sudah muncul dan kuat di hidung, maka dipastikan durian itu sudah masak. Jadi memang gampang-gampang susah sih,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Sedangkan jika dilakukan dengan melihat isinya, durian yang enak memiliki daging yang tebal namun tidak lembek. Kebanyakan daging durian yang berkualitas memiliki warga daging kuning menarik.

Kemudian tinggal dicicip saja bagaimana rasanya, dan tentu saja sesuai dengan selera masing-masing. Ada yang rasanya manis agak asam dan gurih. Namun juga ada yang manis, gurih bercampur agak pahit (lekak).

Di luar cara seperti itu, ada juga cara memilih buah durian yang biasa dipraktikan para pedagang durian. Dengan cara memukul buah durian atau menggosok kulitnya dengan ujung pisau. Cara ini memang membutuhkan pengalaman.

Siswanto, pedagang buah di Desa Ngasem, Tahunan, Jepara, mengaku bisa memperkirakan kondisi buah durian dengan cara seperti itu. Saat ujung pisau digesekan atau dipukulkan ke ujung-ujung duri buah durian, akan terdengar suara yang bisa dijadikan patokan.

“Ya dari suaranya yang muncul saat saya menggerakan pisau di duri kulit durian ini, saya bisa memperkirakan apakah duriannya masak atau belum. Sulit juga menjelaskannya, soalnya ini perlu pengalaman ya,” ujar Siswanto, Kamis (10/12/2020) secara terpisah.

Saat ini, di sejumlah sentra durian di Jepara, seperti Ngasem, Kecapi, Tahunan, buah durian sudah mulai muncul untuk dijual. Harganya masih relatif mahal, karena saat ini jumlah panennya belum banyak. Harganya berkisar Rp 25 ribu sampai Rp 100 ribu, bergantung ukuran dan kualitasnya.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...