Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puncak Musim Durian di Jepara Diperkirakan Terjadi di Januari-Februari Tahun Depan

MURIANEWS, Jepara – Bagi para penggemar buah durian, musim durian adalah saat yang ditunggu-tunggu kedatangannya. Di Jepara, yang dikenal memiliki durian khas-nya, musim durian sudah mulai pada Desember ini.

Musim durian di Jepara Memang agak terlambat terjadi, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun lalu, sekitar September sudah banyak durian asli Jepara yang membanjiri pasaran. Namun tahun ini, hal itu baru dimulai pada Desember ini.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKPP) Jepara, Diyar Susanto menyatakan, dengan melihat situasinya, kemungkinan panen raya durian Jepara akan berlangsung pada Januari-Febuari. Pada saat itu, diperkirakan akan menjadi puncak-puncaknya musim durian Jepara.

Pada Desember ini, buah durian sudah mulai muncul di beberapa wilayah. Namun demikian jumlahnya belum banyak, sehingga membuat harganya relative masih mahal. Masa buah durian di Jepara tahun ini memang agak mundur dari biasanya. Namun begitu, dari pengamatan yang dilakukan pihaknya, diperkirakan cukup banyak hasil produksinya.

“Kami sudah melakukan pengamatan di sejumlah sentra durian yang ada di Jepara. Sudah ada durian, namun jumlahnya masih belum banyak. Para petani di sejumlah sentra durian menyatakan, saat ini masih banyak yang usianya masih belum siap petik. Perkiraan pada Januari-Febuari akan menjadi puncak musim durian Jepara,” ujarnya, Kamis (10/12/2020).

Dengan mundurnya musim durian Jepara, yang baru dimulai pada Desember ini, maka kemungkinan besar sampai Maret 2021 masih ada durian Jepara yang tersisa. Meski jumlahnya nanti sudah akan berkurang, namun dimungkinkan masih ada.

Berbeda pada tahun lalu, pada Febuari, sudah sulit didapatkan buah durian asli Jepara. Jika jumlah produksinya banyak, maka durasi musim duriannya mungkin bisa lebih panjang lagi.

Sementara itu, Kasi Produksi dan Hortikultura di DKPP Jepara, Zumiyarsih menyatakan, durian Jepara sebenarnya tidak berbeda dengan durian lainnya yang ada di Indonesia. Namun dari beberapa sisi ada ciri khas tertentu yang membuat durian asli Jepara kadang-kadang banyak dicari para penggemar durian.

Salah satu ciri khas itu adalah dari soal cita rasa dan tektur dagingnya. Rasa durian Jepara, memiliki perpaduan rasa manis, gurih dan pahit (lekak) sekaligus. Tekstur dagingnya tidak terlalu basah, namun juga tidak terlalu kering.

Selain itu, durian asli Jepara yang bagus memiliki ketebalan daging yang baik. Bijinya bahkan kadang-kadang berukuran kecil, sehingga sangat memuaskan saat dinikmati.

“Saya kira ya sama saja sebenarnya dibanding durian lainnya ya. Namun tentu ada beberapa sisi yang menjadi cirikhas durian Jepara. Ciri khas ini tentu berbeda dengan durian asal daerah lain. Faktor inilah yang kadang membuat banyak penggemar durian Jepara mencarinya,” ujar Zumiyarsih.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...