Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Perluas Fungsi Perpustakaan, Perpusda Kudus Raih Penghargaan

MURIANEWS, Kudus – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah  (Arpusda) Kabupaten Kudus mendapatkan penghargaan dari Perpustakaan Nasional RI. Penghargaan diberikan dalam implementasi program transformasi perpustakaan berbasis insklusi sosial.

Kasi Pengelola Pustaka pada Dinas Arpusda Kudus Ninik Mustikawati mengatakan, Kudus menjadi salah satu yang terbaik dari 28 perpustakaan yang terpilih pada 3 Desember 2020 lalu. Penyerahannya sendiri dibagi di empat regional.

“Ini karena pandemi penyerahannya dibagi empat regional. Kami ikut regional dua penyerahanya di Surabaya,” katanya Kamis (10/12/2020).

Transformasi perpustakaan berbasis insklusi sosial sendiri, lanjut Lilik, yakni perpustakaan yaang memberikan layanan kepada masyarakat dalam mengakses informasi, kegiatan, pelatihan dan pembelajaran gratis.

“Jadi fungsi perpustakaan sekarang meluas. Bukan hanya sebagai tempat pinjam dan membaca saja. Tujuannya, untuk kesejahteraan masyarakat. Bisa di bidang keterampilan, kesehatan, pendidikan dan peningkatan ekonomi,” ujarnya.

Ia merincikian, perpustakaan Kudus sudah memiliki berbagai agenda kegiatan. Seperti pelatihan web design, english fun learning untuk anak usia sekolah dasar, posyandu penyakit jantung bawaan untuk anak, kelas pelatihan merajut, hingga kelas literasi keterampilan bagi penyandang tuna netra mulai dari pembuatan sabun cair, komputer bicara hingga marketing online.

“Kami juga memfasilitasi ruangan hingga proyektor bagi komunitas yang akan mengadakan kegiatan seperti rapat dan kegiatan lain di sini gratis. Yang terbaru juga ada rekreasi dan edukasi budidaya ikan koi,” jelasnya.

Ke depan, pihaknya berencana menambah kelas penyiaran dengan melibatkan mahasiwa jurusan ilmu komunikasi dan penyiaran dan dengan peserta dari masyarakat umum.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...