Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pasang Karawitan dan Barongan, Cara TPS di Blora Tarik Minat Pemilih

MURIANEWS, Blora – Untuk meningkatkan jumlah partisipasi pemilih, dalam Pilkada Blora 2020, cara unik dilakukan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 01 Desa Karangtawang, Kecamatan Tunjungan. Mereka membuat TPS dengan bernuansa kesenian barong.

Dalam TPS tersebut seluruh anggota KPPS mulai dari ketua, anggota hingga petugas keamanan TPS tersebut, mengunakan seragam batik.

Karawitan dan barong juga ditempatkan di dalam TPS. Tak hanya sebagai pajangan, karwitan juga dimainkan untuk menghibur pemilih.

Ketua KPPS 01 Desa Karangtawang Sujiatun, mengaku mempersiapkan TPS sejak seminggu terakhir. Tema barong diambil, karena Blora khususnya Desa Karangtawang selalu menguri-uri kesenian barongan, sekaligus untuk melestarikan budaya Blora yang dikenal atraktif jika dimainkan.

“Kita ingin masyarakat berbondong-bondong datang ke TPS, makanya kita sepakat meghias TPS ada baronganya ini, agar meningkatkan jumlah partisipasi pemilih,” katanya, Rabu (09/12/2020).

Sujiatun mengaku, mempercantik TPS agar nyaman dan indah dipandang. Sehingga pemilih dan anggota panitia tidak merasa bosan saat datang untuk menggunakan haknya sebagai pemilih di Pilkada serentak ini.

“Lewat Pilkada ini kami ingin sekaligus mengenalkan barongan dan menguri-uri seni budaya asli Blora ” Jelasnya

Sementara itu, salah satu pemilih di TPS 01 Juharto mangaku sangat terhibur dan merasa suasana berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Tak hanya itu di sela-sela pilihan juga ada tabuhan karawitan yang dilakukan oleh anggota KPPS, sehingga bisa sedikit mengurangi rasa tegang ketika membuka surat suara dan bisa jernih untuk memilih.

“Cukup menghibur, jadi tidak tegang ketika membuka surat suara, dan tentu ini menarik para pemilih untuk datang menyuarakan hak suara” ungkapnya.

 

Kontributor: Priyo
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...