Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Beli Makanan Via Online atau Bawa Peralatan Makan Sendiri Lebih Aman

MURIANEWS, Kudus – Belum berakhirnya pandemi corona membuat masyarakat harus tetap waspada. Salah satunya ketika ingin mencicipi kuliner secara take in (makan di tempat). Satgas Penanganan Covid-19 Kudus dr Andini Aridewi menyampaikan, konsumen lebih aman ketika memesan via online atau dengan membawa alat makan pribadi.

Imbauan dari Andini disampaikan saat sesi Talkshow Ubah Laku di Era Baru edisi kesembilan dengan tema Geliat Bisnis Kuliner di Tengah Badai Pandemi yang diselenggarakan MURIANEWS, Selasa (8/12/2020) malam.

“Dengan adanya pemesanan via online itu bagus. Karena kalau memakai uang cash berpotensi menularkan virus,” jelas Andini.

Tidak berhenti di situ, menurutnya ketika sedang berkumpul, risiko penularan lebih besar. “Lebih aman kalau kita beli terus dibawa pulang atau pakai jasa online. Kita cukup di rumah dan tidak kemana-mana,” terang dia.

Selain memesan via online, menurut Andini konsumen lebih aman ketika membawa peralatan makan sendiri.

“Di Perbup nomor 41 sudah disampaikan dan kami juga mengacu dari Kemenkes bahwa salah satu cara untuk antisipasi mencegah penularan corona yaitu dengan cara membawa peralatan makan pribadi untuk menghindari droplet. Kalau bawa dari rumah Inshaallah terjaga kebersihannya,” sambungnya.

Tidak berhenti di situ, Andini juga menekankan agar masyarakat tetap disiplin dan patuh dengan protokol kesehatan.

“Terkadang kebiasaan kita itu makan sambil ngobrol. Dan ini yang patut diwaspadai saat menikmati kuliner. Selain itu, untuk yang memakai masker itu juga perlu dievaluasi bahwa tidak hanya konsumennya. Tapi juga penjualnya. Karena ketika penjual tidak memakai masker bisa menularkan,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...