Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Muncul Kasus Corona di Sekolah, Kudus Tunda Gelar Pembelajaran Tatap Muka

MURIANEWS, Kudus – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kudus akan menunda pembelajaran tatap muka yang akan berlangsung di awal tahun 2021 mendatang. Alasannya, karena adanya kasus corona yang menimpa SMP 3 Jekulo yang mengakibatkan 19 guru positif corona.

Lima di antaranya pun diketahui  meninggal dunia dengan status positif corona. Sebelum meninggal mereka dirawat di rumah sakit karena adanya penyakit penyerta.

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo memerintahkan semua sekolah di Kudus untuk tidak menggelar sekolah tatap muka terlebih dahulu sebelum adanya instruksi.

Intruksi ini ditujukan mulai dari jenjang pendidikan anak usia dini (PAUD) hingga tingkatan sekolah menengah atas (SMA).

“Siswa tidak ada yang boleh masuk, sampai ada yang melakan akan kami berikan teguran keras,” ucap Hartopo, Selasa (8/12/2020) sore.

Pihaknya pun telah menginstruksikan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) Kudus, untuk membuat surat edaran terkait belum dibolehkan pembelajaran tatap muka.

SMK saja yang sebelumnya meminta izin simulasi tatap muka, kata dia, saat ini juga sudah tidak melaksanakan lagi. Dikarenakan Provinsi Jawa Tengah telah memberhentikan sementara izin sekolah tatap muka. ”Sudah ada surat edaran Disdikpora mulai Senin kemarin,” sambungnya.

Baca: 19 Guru SMP 3 Jekulo Kudus Positif Corona, Lima Meninggal Dunia

Selain itu, pihaknya juga akan kembali mempertegas semua penerapan protokol kesehatan di Kabupaten Kudus. Dengan cara meningkatkan operasi patuh prokes dan membatasi hajatan-hajatan dengan skala yang besar.

“Kami mulai perketat lagi. Kemudian kegiatan hajatan boleh tapi maksimal 50 orang termasuk dengan panitianya. Kemudian ada operasi- operasi,” terangnya.

Ia menyatakan, selama kasus corona belum mereda, pihaknya tidak memberikan izin pembelajaran tatap muka di sekolah. ”Protokol kesehatan diperketat kembali” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...