Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tak Terpakai, Ribuan Surat Suara Pilkada Grobogan Dibakar KPU

MURIANEWS, Grobogan – KPU Grobogan melakukan pemusnahan ribuan surat suara untuk kebutuhan Pilkada. Surat suara ini dimusnahkan karena tidak akan digunakan dalam pelaksanaan Pilkada 9 Desember besok.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo mengungkapkan, jumlah suarat suara yang dimusnahkan totalnya ada 1.532 lembar.

Rinciannya, sebanyak 766 lembar merupakan surat suara rusak yang ditemukan dari proses sortir. Kemudian, sebanyak 766 lembar lagi merupakan surat suara yang melebihi jumlah kebutuhan yang diperlukan.

“Jadi, surat suara yang dimusnahkan itu ada dua kriteria. Yakni, surat suara rusak dan yang melebihi kebutuhan. Pemusnahan surat suara yang tidak dipakai ini kita lakukan tadi malam di halaman kantor KPU,” jelasnya, Selasa (8/12/2020).

Pemusnahan surat suara itu dilakukan agar tidak disalahgunakan dan hal tersebut sudah sesuai dengan ketentuan. Dalam pemusnahan surat suara itu disaksikan pihak kepolisian, Bawaslu dan instansi terkait lainnya.

Dalam kesempatan itu, Agung menegaskan, secara keseluruhan, pihaknya sudah siap menggelar Pilkada. Untuk tahapan hari ini, seluruh KPPS sedang menyiapkan pembuatan TPS. Sedangkan untuk pembagian surat undangan bagi pemilih juga sudah dilakukan sebelumnya.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...