Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Cegah Corona di Sekolah, SMA 1 Kudus Gelar LDK Secara Daring

MURIANEWS, Kudus – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Kudus menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) secara daring untuk menghindari penularan virus corona, Senin (7/12/2020) hingga Rabu (9/12/2020) besok. Dandim Kudus Letkol Kav Indarto dihadirkan sebagai salah satu narasumber.

Pelatihan tersebut, diikuti sebanyak 240 peserta yang keseluruhannya terdiri dari kelas sepuluh SMA tersebut. Dengan materi mulai dari wawasan kebangsaan, keorganisasian, hingga kedisiplinan sebagai fungsi kesuksesan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Tri Astuti Evawani mengatakan, materi LDK dirasa perlu diberikan kepada siswa baru untuk melatih mental dan kepemimpinan untuk menyongsong masa depan yang baik.

“Ini berjalan selama tiga hari untuk mempersiapkan mereka menjadi calon-calon pemimpin,”  katanya, Selasa (8/12/2020).

Selain itu menurut dia,  LDK akan ditutup dengan kegiatan di luar kelas atau outbond. Namun pelaksanaannya, baru dilaksanakan pada semester genap. Sembari menunggu pembelajaran tatap muka digelar.

Kegiatan tersebut, diprakarsai oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA 1 Kudus. Pihaknya pun menjamin, semua pelaksanaan teknis yang tidak bisa dilakukan secara online, tetap dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Tentu protokol kesehatan ketat dilakukan, mulai dari wajib memakai masker, pengecekan suhu, hingga mewajibkan cuci tangan sebelum masuk ruangan,” tandasnya.

Sementara pemateri Wawasan Kebangsaan, Letkol Kav Indarto memaparkan, pelaksanaan LDK bagi para siswa sangat perlu dilakukan. Terlebih utuk membentuk karakter para siswa selama masa pembelajaran ke depan.

“Ini sangat bagus, pembentukan karakter sangat perlu dilakukan. Terlebih saat ini memang ada sedikit kemunduran karakter, Sehingga LDK ini sangat baik untuk membentuk kembali karakter siswa,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...