Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Gelombang Tinggi Mencapai Empat Meter, Nelayan Pati Diminta Waspada

MURIANEWS, Pati – Badan Meteoeilogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merilis terkait gelombang tinggi yang terjadi dalam dua hari ke depan. Termasuk di dalamnya adalah peratliran Pati-Rembang.

Dalam rilis tersebut, BMKG mencatat, tinggi gelombang di perairan Pati berpotensi 2,5 hingga 4.0 meter. Gelombang tersebut dimulai pada Senin (7/12/2020) hingga Rabu (9/12/2020) besok.

Hal ini karena bibit siklon tropis yang mencapai 69S. Selain itu juga kecepatan angin yang lebih tinggi dari biasanya, yakni 5-30 knot.

Prakirawan BMKG Semarang Genis Erutjahjo meminta, semua nelayan untuk memperhatikan tingginya gelombang sebelum memutuskan melaut demi keselamatan nelayan.

Apalagi, perahu nelayan hanya bisa bertahan di kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelobang di atas 1,25 meter. Sedangkan untuk kapal tobgkang kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelonbang di atas 1,50 meter.

Untuk kapal Ferry kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang harus di atas 2,5 meter. Kapal berukuran besar seperti kapal kargo dan kapal pesiar, kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4 meter.

“Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di wilayah pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi, agar tetap selalu waspada,” tulisnya,

Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pati Martinus Budi Prasetya mengimbau kepada para nelayan Bumi Mina Tani agar selalu waspada gelombang tinggi. Selalu perhatikan arahan dari BMKG agar mengetahui kondisi terkini gelombang laut.

“Imbauan kepada para nelayan agar lebih hati-hati dan waspada saat melaut. Kalau memnag tinggi gelombang berbahaya untuk melaut, lebih baik ditunda dulu sampai sutuasi aman,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...