Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tangani Bencana, BPBD Kudus Akan Sewa Ekskavator Hingga Crane

MURIANEWS, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus masih membutuhkan sarana untuk menunjang penanganan bencana. Beberapa di antaranya yakni dump truk, ekskavator, hingga crane.

Saat ini pihak BPBD Kudus sudah mengajukan anggaran sebesar Rp 100 juta lewat APBD 2021 guna menyewa sarpras tersebut.

“Kami masih butuh ekskavator, backhoe, crane, dan mobil dobel kabin. Kalau ada sarpras tersebut bisa lebih cepat. Seperti saat bersih-bersih sungai Jembatan Tiga Desa Kesambi itu kalau ada sarpras bisa empat jam. Kalau hanya dengan tenaga manusia sampai enam jam lebih,” katanya, Senin (07/12/2020).

Pihaknya sudah mengajukan anggaran yang nantinya digunakan untuk menyewa sarpras tersebut. Menurutnya opsi menyewa ke pihak ketiga lebih efektif karena bisa memilih ukuran yang dibutuhkan.

“Kami sudah mengusulkan untuk tahun depan supaya ada anggaran untuk BPBD Kudus guna menyewa sarpras. Kami pilih untuk menyewa ke pihak ketiga supaya ukuran yang dibutuhkan bisa menyesuaikan karena kalau pengadaan baru, anggaran yang dibutuhkan juga tinggi,” terang dia.

Menurut Wiyoto, saat ini BPBD Kudus sudah memiliki satu unit ambulans, dua mobil jenazah, dua mobil dobel cabin, satu mobil evakuasi, satu unit pemadam kebakaran, dua mobil tangki, lima perahu, alat selam dan 100 pelampung.

Hal serupa disampaikan oleh Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo. Dia membenarkan pihaknya masih membutuhkan sarpras tambahan.

“Masih butuh satu crane, satu backhoe ekskavator, dan satu dump truk. Kami sudah usulkan untuk tahun depan sebesar Rp 100 juta lewat anggaran APBD 2021 supaya bisa kami gunakan untuk menyewa sarpras,” terang dia.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...