Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Tujuh Jabatan Eselon II di Pemkab Jepara Dirotasi

MURIANEWS, Jepara – Bupati Jepara Dian Kristiandi melakukan rotasi pejabat eselon II di lingkungan Pemkab Jepara, Senin (7/12/2020) sore. Sebanyak tujuh pejabat, menduduki jabatan eselon II baru mereka, setelah diambil sumpah dan janji.

Acara pemgambilan sumpah janji dilaksanakan di Gedung Serba Guna Setda Jepara untuk enam pejabat. Sedangkan satu pejabat, harus menjalani pengambilan sumpah janji secara online, lantaran masih menjalani isolasi mandiri.

Plt Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jepara, Samiaji menyatakan, rotasi pejabat ini merupakan hal yang biasa dalam dunia birokrasi. Bupati Jepara melakukan rotasi ini sebagai bagian dalam penyesuaian yang harus dilakukan untuk meningkatkan kinerja birokrasi. Dalam kesempatan ini, Bupati Jepara Dian Kristiandi hanya mengambil sumpah jabatan untuk tujuh jabatan eselon II.

Jabatan yang dimaksud adalah Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jepara, yang sebelumnya dijabat oleh Deny Hendarko dirotasi ke Trisno Santoso yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPRD Jepara. Jabatan yang ditinggalkan oleh Trisno Santoso sendiri, diberikan kepada Deny Hendarko.

Kemudian Ratib Zaini, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disperindagkop digeser menjadi Staf Ahli Bupati bidang Hukum, Pemerintahan dan politik. Jabatan yang ditinggalkannya, dalam kesempatan ini digantikan oleh Eriza Rudi Yulianto, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Disnaker-UMKM-transmigrasi.

Selanjutnya, Dwi Riyanto yang sebelumnya menjabat Kepala Bakesbangpol dilantik menjadi Asisten Pemerintahan dan Kesra, Setda Jepara. Sedangkan posisi yang ditinggalkannya diisi oleh Lukito Sudi Asmoro, yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPKAD.

Sedangkan Azhar Ekanto yang semula menjadi Kepala Dinasperkim dilantik menjadi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jepara.

“Hanya tujuh jabatan yang dilakukan rotasi pada hari ini. Kemudian dari rotasi ini akhirnya memang ada jabatan-jabatan eselon II yang kosong. Bapak Bupati Jepara akan segera menunjuk pejabat pelaksana tugas untuk posisi yang masih kosong. Saat ini belum bisa disampaikan, mungkin besok (Selasa, 8/12/2020) baru akan diumumkan,” ujar Samiaji, Senin (7/12/2020).

Dalam acara pengambilan sumpah jabatan kemarin, ada satu pejabat yang terpaksa menjalani prosesi melalui sistem online. Pejabat yang dimaksud adalah Deni Hendarko, yang menduduki jabatan baru sebagai Sekretaris DPRD Jepara.

Deni Hendarko dilaporkan masih harus menjalani isolasi mandiri, terkait penanganan Covid-19. Sedangkan enam pejabat lainnya, hadir langsung dalam acara tersebut.

Samiaji juga menyatakan, untuk acara serah terima jabatan, akan dilaksanakan secepatnya. Jika memungkinkan akan digelar pada Selasa (8/12/2020). Namun jika tidak memungkinkan, kemungkinan akan dilaksanakan pada Kamis (9/12/2020). Dalam hal ini, pelaksanaannya hanya tinggal menunggu kesiapan dari masing-masing personil yang terkait dalam hal ini.

“Dalam acara pelantikan tadi, dari tujuh pejabat memang hanya enam orang yang hadir langsung. Sedangkan satu orang menjalani prosesi ini melalui daring. Pak Deni Hendarko tidak bisa hadir langsung karena tengah menjalani isolasi mandiri terkait covid 19,” tambah Samiaji.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...