Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Hujan Semalaman, Satu Dukuh di Mejobo Kudus Tergenang Banjir

MURIANEWS, Kudus – Hujan deras yang turun sedari malam di Kabupaten Kudus membuat Dukuh Ngeprek, Desa Mejobo, Kecamatan Mejobo, Kudus tergenang banjir.

Pantauan di lokasi, tinggi genangan air yang berada di seputaran jalan desa tersebut bervariasi. Ada yang baru semata kaki orang dewasa, hingga hampir mencapai lutut orang dewasa.

Sejumlah rumah dengan ketinggian yang sama dengan ruas jalan juga nampak mulai kemasukan air.

Salah satu warga, Sunhadi mengatakan di daerah tersebut memang kerap jadi langganan limpasan air. Terlebih jika cuaca di daerah utara Kabupaten Kudus tengah hujan.

“Dari limpasan sungai dekat sawah, ini sudah tiap tahun terjadi,” kata Hadi di lokasi, Senin (7/12/2020) siang.

Alasan lainnya, tambah dia, adalah daya tampung gorong-gorong yang begitu kecil. Sehingga tidak mampu menampung debit limpasan air.

Sementara untuk lamanya genangan, kata dia, biasanya tergantung dari cuaca di Kudus bagian atas. Jika masih hujan, maka surutnya akan semakin lama. “Bisa dua hari malah tiga hari jika ini hujan terus,” ujarnya.

Warga lainnya, Agus Junaedi memaparkan jika genangan banjir di seputaran dukuhnya memang bukan hal yang baru. Bahkan di tiap tahun, pasti terjadi hal yang serupa.

Oleh karena itu, pihaknya berharap pemangku kebijakan bisa mencari solusi terkait permasalahan ini. “Walau sudah terbias ya tetap inginnya tidak terjadi lagi, semoga ada solusi,” tandasnya.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...