Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Jembatan Tiga Desa Kesambi Penuh Sampah, BPBD Kudus dan Relawan Turun ke Sungai Piji

MURIANEWS, Kudus – Jembatan Tiga Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus dipenuhi sampah hingga menyumbat aliran Sungai Piji. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus beserta relawan turun untuk membersihkan sungai pada Minggu, (06/12/2020).

Berdasarkan pantauan di lapangan, ratusan personel bahu membahu membersihkan sungai. Di situ terdapat beragam sampah yang menyumbat aliran. Mulai dari ranting pohon, batang pohon pisang, sampah plastik, sampah rumah tangga, pampers bayi, dan masih banyak lagi.

Salah seorang warga RT III, RW I, Desa Kesambi, Sutejo mengatakan, di Jembatan III memang sering ditemui banyak sampah.

“Kalau sini pasti banyak sampah dan sering banjir setiap musim hujan. Sampahnya berasal dari hulu Sungai Piji,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kudus, Wiyoto menyampaikan, Jembatan III Desa Kesambi sering tersumbat dengan adanya sampah.

BPBD Kudus bersama relawan membersihkan sampah yang terdapat di Jembatan Tiga, Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

“Hari ini kami fokus di jembatan tiga saja. Di sini sering tersumbat oleh sampah sehingga aliran airnya tidak lancar. Bisa dilihat ada ranting pohon, dan yang paling banyak di sini ada pampers,” katanya, Minggu (06/12/2020).

Dia menambahkan, untuk pembersihan sampah di jembatan tiga sudah dilakukan untuk kedua kalinya. Sebelumnya pihak BPBD Kudus bersama relawan sudah membersihkan sampah pada Kamis (05/11/2020).

“Ini yang kedua kalinya sejak 5 November kemarin. Ya tempatnya di jembatan tiga ini juga. Sudah biasa seperti ini. Hari ini kami mulai pembersihan pukul tujuh pagi dengan jumlah sekitar 100 personel baik dari BPBD dan relawan,” sambungnya.

Wiyoto berharap ke depannya masyarakat dapat lebih sadar agar tidak membuang sampah sembarangan.

Di sisi lain, Kepala Pelaksana Harian BPBD Kudus Budi Waluyo menyampaikan kegiatan bersih sungai dilakukan agar aliran Sungai Piji bisa kembali mengalir.

“Di Desa Kesambi kan sering terjadi banjir yang disebabkan sampah. Kami lakukan pembersihan supaya air bisa mengalir dengan lancar,” ujar dia.

Budi Waluyo juga menghimbau agar masyarakat tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan banjir.

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Supriyadi

 

BPBD Kudus bersama relawan membersihkan sampah yang terdapat di Jembatan Tiga, Desa Kesambi, Kecamatan Mejobo, Kudus. (MURIANEWS/Vega Ma’arijil Ula)

Comments
Loading...