Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Tambah 42 Kasus dalam Semalam, Satgas Covid-19 Kudus Ingatkan Warga Patuhi Prokes

MURIANEWS, Kudus – Masyarakat di Kabupaten Kudus kembali diingatkan untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Pasalnya, kasus corona di Kabupaten Kudus kini tengah melambung tinggi.

Pada Sabtu (6/12/2020) malam saja, ada sebanyak 42 pasien terkonfirmasi baru. Sehingga menambah pasien aktif corona di Kudus menjadi 274 pasien. Dari jumlah tersebut, ada sebanyak 165 pasien yang menjalani isolasi mandiri.

“Kemudian sisanya, yakni 109 pasien kini tengah menjalani perawatan di rumah sakit rujukan,” ucap Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kudus dokter Andini Aridewi, Minggu (6/12/2020) pagi.

Selain mencatat penambahan kasus tinggi, jumlah kasus pasien corona yang meninggal juga bertambah sembilan orang. Keseluruhannya pun kini tembus 300 orang.

“Perlu diperhatikan, penting untuk mencegah penularan atau penyebaran COVID-19 adalah tetap waspada dan disiplin protokol kesehatan,” tegas dia.

Yang pertama, lanjutnya, adalah melakukan social distancing (menjaga jarak sosial) dengan tidak keluar rumah kecuali untuk hal-hal yang sangat penting. Jika terpaksa keluar rumah, usahakan selalu melakukan physical distancing (menjaga jarak fisik).

“Yakni dengan menghindari kerumunan dan menjaga jarak minimal 1-2 meter dari orang lain,” ujarnya.

Kedua, tambahnya, adalah selalu memakai masker saat berada di tempat umum. Serta rajin mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau dengan hand sanitizer .

“Minimal 20 detik terutama setelah menyentuh benda-benda yang disentuh banyak orang,” tambahnya.

Sementara secara keseluruhan, kasus corona di Kudus kini tembus 2693 orang. Dari jumlah tersebut, sudah ada sebanyak 2117 pasien yang sudah sembuh dari corona.

Kemudian ada sebanyak 1.000 kontak erat masih dipantau, 183 suspek, dan 56 probable. Dari 183 suspek dalam wilayah sebayak 92 dirawat dan 92 isolasi mandiri. Untuk 56 kasus probable dalam wilayah, keseluruhannya meninggal dunia.

 

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...