Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Pembelajaran Tatap Muka di Pati Masih Digodok

MURIANEWS, Pati – Dalam waktu dekat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati akan merapatkan terkait pembelajaran tatap muka (PTM) mulai 2021. Hal ini mengingat adanya imbauan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) agar daerah yang sudah tidak zona merah, bisa memberlakukan pembelajaran tatap muka.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, imbauan Kemendikbud itu berlaku surut. Semua keputusan tetap berpatokan pada kondisi daerah masing-masing. Sehingga Pati pun masih membutuhkan perencanaan matang terkait hal itu.

“Nanti akan kita rapatkan terlebih dahulu ada perwakilan dari PGRI juga. Jangan sampai saya mengeluarkan kebijakan yang mengikuti Kemendikbud, namun kondisi di Kabupaten Pati belum memungkinkan,” ungkapnya.

Menurutnya, ada banyak pertimbangan apabila PTM diberlakukan pada 2021 mendatang. Terutama munculnya guru yang juga terkonfirmasi positif Covid-19. Selain itu, kehawatiran apabila siswa nantinya juga terpapar.

“Guru – guru sudah cukup banyak yang terdampak sebab kurangnya ketaatan menerapkan protokol kesehatan. Usai melakukan pembelajaran jarak jauh, guru – guru usai dari kantor tidak langsung pulang namun mengikuti berbagai kegiatan diluar,” jelasnya.

Langkah untuk menggodok berbagai hal terkait pemberlakuan PTM ini memang ditempuh olehnya. Sehingga apabila nantinya diberlakukan, semuanya sudah siap dengan kemungkinan yang ada.

Bahkan, sebelum pemberlakukan PTM, pihaknya juga akan melakukan simulasi di beberapa sekolah terlebih dahulu. Kalau hasilnya memuaskan, nanti bisa diterapkan.

“Nanti kita lihat dulu hasil simulasinya. Karena saya juga tidak mau anak-anak menjadi korban Covid-19,” imbuhnya.

Bupati mengkhawatirkan, apabila sekolah tatap muka kembali dibuka dan akhirnya angka kasus Covid-19 meningkat, menjadi penyesalan tersendiri.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...