Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Bendung Logung Kudus Masih Butuh Penghijauan

MURIANEWS, Kudus – Kawasan di seputaran Bendungan Logung di Desa Kandangmas, Kecamatan Dawe, Kudus dianggap masih perlu penghijauan.

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana pun memaparkan jika banyak pohon-pohon tua yang sudah tidak berfungsi untuk mencegah erosi agar tak terjadi sedimentasi di dasar bendungan.

“Seiring berkembangnya waktu, sudah banyak pohon yang mati atau ditebang, sehingga tutupan lahannya berkurang,” kata Kepala BBWS Pemali Juana Ade Rizaldi, usai menghadiri kegiatan tanam pohon dalam peringatan Hari Bhakti PU di Bendungan Logung, Sabtu (5/12/2020).

Akibat menurunnya daerah tutupan tersebut, tambah Ade, berakibat pada mulai banyaknya sedimentasi di seputar danau.

Oleh karena itulah, sambungnya, pihak BBWS Pemali Juana mulai melakukan penanaman di area sabuk hijau. Sabuk hijau, merupakan daerah dari elevasi menuju 50 meter ke arah darat. Dengan total 50 hektare.

“Tahun ini sudah kami tanami sekitar tujuh hektare, untuk pagi ini, kami menanam sekitar seribu bibit pohon,” ujarnya.

Ade menambahkan, penghijauan di kawasan pembangunan infrastruktur memang diperlukan dan sudah menjadi progam nasional. “Ini merupakan progam jangka panjang,  penghijauan ini kami lakukan setiap tahunnya,” tandas dia.

Sementara Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM Hartopo sepakat dengan aksi penghijauan di seputaran Bendungan Logung. Hanya memang, butuh sinergitas bersama supaya Bendung Logung bisa semakin cantik dan memukau.

Lebih luas, Hartopo menambahkan jika penghijauan memang sangat diperlukan. Terlebih Kudus kini tengah memasuki musim hujan.

“Terutama di kawasan Pegunungan Patiayam. Jika hujan dan tak ada resapan akan menjadikan erosi hingga jadi sedimentasi,” jelas dia.

Pihaknya pun berharap ke depannya semua pihak semakin meningkatkan sinergitas untuk menghijaukan dan membangun Kudus yang lebih baik.  “Jangan ada egoisme, ini untuk Kudus supaya lebih cantik lagi,” tandasnya.

Reporter: Anggara Jiwandhana
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...