Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

491 Petugas Pilkada Grobogan Reaktif Rapid Test, Sepuluh di Antaranya Positif Covid-19

MURIANEWS, Grobogan – Pelaksanaan rapid test yang dilakukan terhadap puluhan ribu petugas AdHoc Pilkada Grobogan akhirnya sudah keluar hasilnya. Di mana, ada 491 orang yang hasilnya reaktif.

Ketua KPU Grobogan Agung Sutopo menyampaikan, jumlah petugas AdHoc atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) serta petugas ketertiban (gastib) atau linmas yang menjalani rapid test ada 26.739 orang.

Terdiri dari 20.797 KPPS dan 5.942 gastib. Dari rapid test tersebut, diketahui ada 401 orang yang hasilnya reaktif.

Selanjutnya, dari 401 orang yang reaktif rapid test ini diminta menjalani swab antigen. Dari hasil swab antigen diketahui ada 391 orang yang nonreaktif dan sepuluh orang lainnya hasilnya positif. Untuk 391 orang yang hasil swab antigennya nonreaktif bisa tetap bertugas.

“Sedangkan sepuluh petugas yang hasilnya positif ini selanjutnya diminta menjalani isolasi mandiri. Dengan kondisi ini masih sangat aman, artinya tidak akan mengganggu pelaksanaan Pilkada,” jelasnya.

Dijelaskan, dalam Pilkada nanti, pihaknya menyediakan 2.971 tempat pemungutan suara (TPS). Pada setiap TPS ada tujuh orang KPPS dan dua orang gastib. Dengan demikian, jika ada yang berhalangan maka tugasnya bisa digantikan oleh petugas lainnya.

Ditambahkan, pelaksaanaan rapid test dilangsungkan selama dua hari. Yakni, tanggal 20-21 November 2020 lalu yang dilaksanakan di balai desa masing-masing.

Bagi yang belum ikut atau terlewat, masih bisa melakukan rapid test pada tanggal 23 November 2020. Pelaksanaan rapid test dilakukan bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Grobogan.

 

Reporter: Dani Agus
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...