Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Motor Pelaku Pencurian di Masjid Kalirejo Kudus Dibakar Warga

MURIANEWS, Kudus –  Salah seorang pelaku pencurian di Masjid Jami’ Baiturrohim Desa Kalirejo, Kecamatan Undaan, Kudus berhasil diamankan polisi. Warga yang kesal, juga melampiaskannya dengan membakar sepeda motor yang diduga milik pelaku.

Pelaku diketahui berinisial MN (21) warga Kecamatan Undaan, yang diduga melancarkan aksinya bersama kedua temanya. Hingga kini, kedua pelaku lain masih diburu polisi.

Kapoles Kudus AKBP Aditya Surya Dharma mengatakan, pelaku melancarkan aksinya Jumat (4/12/2020) sekitar pukul 04.30 WIB. Aksi pelaku pertama kali diketahui oleh warga yang rumahnya bersebelahan dengan masjid tersebut, yang menaruh curiga dengan adanya suara seperti uang receh berjatuhan.

“Setengah lima itu, warga sebelah mendengar suara krincing jatuh ke lantai. Lalu ada warga sekitar yang bilang ada yang mencuri kotak amal dan melihat kotak amal tersebut sudah rusak, di sebelah masjid juga ada suara berisik,” katanya.

Polisi memeriksa kondisi motor yang dibakar warga. (MURIANEWS/Istimewa)

Sambil menghubungi polisi, warga mencari pelaku yang diduga bersembunyi di sebelah masjid. Warga dan personel kepolisian lantas melakukan penyisiran di sekitar lokasi dan menemukan pelaku sedang bersembunyi di sebelah masjid.

Beruntung pelaku saat itu tidak menjadi sasaran amukan warga yang sedang geram. Namun, warga membakar sepeda motor yang diduga milik pelaku.

“Pelaku kami temukan bergelantung dan bersembunyi di samping masjid dan pelaku kami amankan. Saat kami tanya itu bukan milik pelaku yang kami amankan,”ucapnya.

Saat dimintai keterangan, pelaku melakukan aksinya bersama kedua temanya yang berhasil melarikan diri. Dari tangan pelaku yang tertangkap, polisi berhasil mengamankan barang bukti uang Rp 346 ribu dan dua kotak amal yang kondisinya sudah rusak.

“Informasinya pelaku beraksi bertiga. Satu orang kami amankan, dua masih kami buru. Pengakuan pelaku yang kami amankan uang tunai Rp 346 ribu itu dari minimarket sebelah masjid, tapi masih kami selidiki lagi,” tegasnya.

Pihaknya kini tengah mengerahkan tim untuk memburu kedua pelaku pencurian yang berhasil kabur. Sementara, MN harus mendekam di jeruji besi, dan terancam pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan. Dengan ancaman hukuman maksimal tujuh tahun penjara.

“Dua pelaku kini kami buru, semoga secepatnya bisa tertangkap,” tandasnya.

 

Reporter: Yuda Auliya Rahman
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...