Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Puskesmas Keling 1 Jepara Sempat Ditutup Dua Hari, Enam Karyawan Terkonfirmasi Positif Covid-19

MURIANEWS, Jepara – Perkembangan penanganan Covid-19 di Kabupaten Jepara menunjukan perkembangan yang kurang menggembirakan dalam beberapa pekan terakhir. Banyaknya kasus baru terkonfirmasi positif covid mulai terjadi di sejumlah lembaga Pemkab Jepara. Di antaranya di Puskesmas Keling 1, Kecamatan Mlonggo dan Kantor Satpol PP Kabupaten Jepara.

Puskesmas Keling 1 Jepara, sebelumnya sudah ditutup selama dua hari mulai 2-3 Desember 2020 kemarin. Hari Jumat (4/12/2020) ini, pelayanan baru dibuka kembali. Penutupan yang dilakukan sebelumnya, disebabkan karena ada enam orang tenaga kesehatan di Puskesmas Keling 1 terkonfirmasi positif Covid-19.

Karena penutupan ini, pelayanan kesehatan di Puskesmas ini sempat dialihkan ke Puskesmas Pembantu di Desa Klepu, Keling. Penutupan layanan dilakukan untuk melakukan proses dekontaminasi.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Jepara Moh Ali menyatakan, Kamis (3/12/2020) malam kembali mendapatkan kasus baru terkonfirmasi Covid-19. Jumlah kasus baru yang muncul mencapai 30 kasus.

Jumlah tersebut didapatkan dari pemeriksaan 215 sample swab yang sebelumnya diambil. Dengan demikian positif rate harian Jepara kemarin adalah 13,95 %, jauh dari patokan WHO sebesar 5 %.

“Dalam kaitannya dengan penambahan angka ini, kami kembali mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memberikan sumbangsih bagi pencegahan dan penyebaran Covid-19. Bersedia memakai masker, menghindari kerumunandan mencuci sabun juga merupakan partisipasi yang harus dilaksanakan oleh masyarakat,” ujarnya Jumat (4/12/2020).

Sementara itu, pelayanan di Kecamatan Mlonggo, juga dikabarkan harus ditutup dalam 3 hari. Sejak Rabu (2/12/2020) sampai Jumat (4/12/2020) hari ini pelayanan masih ditutup untuk dilakukan proses dekontaminasi.

Kebijakan ini dilakukan setelah diketahui ada beberapa pegawai di lingkungan kantor Kecamatan Mlonggo diketahui terkonfirmasi positif Covid-19. Kabag Pemerintahan Setda Kabupaten Jepara, Rini Padmini membenarkan hal ini.

“Penutupan pelayanan di Kantor Kecamatan Mlonggo memang ditutup selama tiga hari, untuk kepentingan proses dekontaminasi. Para pegawai tetap bekerja dengan sistem WFO (Work From Home). Sampai hari ini,” ujar Rini.

Selanjutnya di Kantor Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Jepara, seorang anggotanya diketahui meninggal karena tekonfirmasi positif Covid-19, pada Kamis (3/12/2020) sore. Malam harinya, pemakaman terhadap almarhum dilakukan dengan prosedur Covid-19.

Menurut Surana, salah seorang pejabat di Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Jepara, menyatakan proses tracing sudah dilakukan terhadap kontak erat alamarhum.

“Sejauh yang saya ketahui, kemarin rekan-rekan satu regu dengan almarhum sudah diambil sample swab-nya. Sedangkan tindak lanjutnya, masih dikoordinasikan dengan pihak Satgas Penanganan Covid 19,” jelas Surana.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...