Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kiri
Banner Kuping Kiri

Kades Kedungwinong Pati Akui Tidak Bisa Bantu Warga Alihkan Tapak SUTET

MURIANEWS, Pati – Kepala Desa Kedungwinong, Kecamatan Sukolilo, Pranoto Utomo mengaku tidak bisa membantu warganya untuk mengalihkan tapak proyek tersebut. Itu lantaran, kewenangan tersebut berada di PLN dan pemerintah pusat.

“Secara tegas, desa tidak bisa (membantu pengalihan tapak sutet yang kabelnya melintasi pemukiman,” ungkapnya, Kamis (3/12/2020).

Dia berdalih, memang ada skala prioritas yang harus dilakukan oleh desa. Tapi pembangunan SUTET tersebut adalah proyek negara. Sehingga pihaknya pun turut mendukung hal itu.

“Minimal yang bisa kami lakukan untuk warga kami adalah membantu agar warga kami tetap sehat, birfikirnya juga sehat,” imbuhnya.

Pranoto juga menjelaskan sudah adanya sosialisasi kepada warga sebelum tapak SUTET itu dibangun. Karena ini proyek negara, sudah pasti ada regulasi yang mengatur.

“Sosialisasi yang kurang puas atau kurang paham, itu menurut mereka (penolak SUTET). Penyampaian tersbut, itu atas nama warga yang mana? dan rakyat yang seperti apa?,” terangnya.

Sementara Ketua Karangtaruna Desa Kedungwinong Bisri Mustofa mengatakan, memang pernah ada warga yang kesetrum ketika melintas di bawah SUTET yang lama. Bahkan dikatakan sudah ada lima orang yang terkena sengatan.

“Ada datanya yang sudah tersengat SUTET itu. Data langsung dari Puskesmas, agar lebih jelas. Ini juga yang menjadi kehawatiran warga kalau kabel SUTET melintas di pemukiman,” tutupnya.

 

Reporter: Cholis Anwar
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...