Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Disporapar Jateng Beri Alat Prokes ke Pengelola Wisata Jepara

MURIANEWS, Jepara – Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Diporapar) Jawa Tengah, masih mempersiapkan rencana pembukaan destinasi wisata di Jawa Tengah. Di antaranya adalah masih terus melakukan sosialisasi mengenai perlunya penerapan protokol kesehatan secara tegas dalam kegiatan pariwisata.

Kepala Seksi Pengembangan Kawasan Pariwisata pada Disporapar Jateng Hendrawan Purwanto, menyatakan persiapan pembukaan destinasi wisata menjadi perhatian serius pihaknya. Untuk hal ini, pihaknya sudah mulai menyiapkan program gerakan Bersih, Indah, Sehat, dan Aman (BISA). Program ini mencakup terhadap penerapan protokol kesehatan di masa pandemic Covid-19 saat ini.

Kabupaten Jepara menjadi salah satu yang menjadi perhatian karena memiliki sejumlah obyek wisata. Karena itu, pihaknya pada Kamis (3/12/2020) mengadakan sosialisasi program gerakan BISA kepada masyarakat dan pelaku pariwisata di Jepara. Dalam kegiatan ini pihaknya juga menyampaikan bantuan berupa alat-alat protokol kesehatan untuk pengelola wisata di Kabupaten Jepara.

“Ada empat titik destinasi wisata dan desa wisata di Kabupaten Jepara yang kami berikan bantuan alat protokol kesehatan. Empat destinasi tersebut adalah Pantai Kartini, Pantai Bandengan, Desa wisata Karimunjawa dan Desa wisata Kemojan. Kegiatan ini kami tujukan untuk mengedukasi masyarakat pelaku wisata untuk berlatih terhadap adaptasi kebiasaan baru. Sehingga bisa menciptakan rasa nyaman dan aman bagi wisatawan,”ujar Hendrawan Purwanto, Kamis (3/12/2020) di Jepara.

Bantuan peralatan dan keperluan penerapan protokol kesehatan yang diberikan Disporapar Jateng di antaranya adalah hand sanitizer, face shield, alat penyemprotan disinfektan, tempat sampah dan tempat cuci tangan.

Kemudian juga ada masker, thermo gun, sabun cuci tangan, dan tempat sampah. Lainnya, sebuah peralatan thermo scanner bertenologi layar besar diberikan khusus untuk dipasang di pintu masuk Pelabuhan Penyeberangan Pantai Kartini Jepara.

Thermo scanner layar besar yang diberikan Disporapar Jateng, memilki tehnologi canggih. Peralatan ini bisa mendeteksi suhu hingga 11 orang sekaligus dalam sekali proses scan. Sehingga diharapkan bisa efektif dan efisien di dalam pelayanan para penumpang yang akan berkunjung ke Karimunjawa. Dengan peralatan ini, upaya pengawasan terhadap para pengunjung bisa dilakukan dengan lebih efektif dan efisien.

Terkait hal ini, dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Destinasi Wisata di Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Jepara,  Nur Zuhruf menyampaikan terima kasih. Menurutnya, persiapan pembukaan pariwisata memang membutuhkan sarana dan prasarana terkait peralatan untuk mendukung penerapan protokol kesehatan. Sehingga, karena keterbatasan di daerah, membutuhkan dukungan dari pemerintah, baik provinsi maupun pusat.

”Sejauh ini para pelalu usaha pariwisata sebenarnya sudah ada yang berinisiatif menyediakannya secara mandiri. Pemkab Jepara juga berusaha membantu dengan memberikan sejumlah bantuan. Namun demikian, harus kami akui ada beberapa yang masih kurang. Sehingga bantuan dari Provinsi Jawa Tengah ini, jelas sangat membantu kami,” ujar Nur Zuhrub.

 

Reporter: Budi Erje
Editor: Supriyadi

Comments
Loading...