Portal berita lokal yang menyajikan informasi dari Kudus, Jepara, Pati, Rembang, Blora, dan Grobogan secara cepat, tepat, dan akurat.
Banner Kuping Kanan
Banner Kuping Kanan

Terlalu Sempit, Jalan Dekat DPRD Kudus Mulai Dilebarkan Jadi 3,5 Meter

MURIANEWS, Kudus – Jalan di sebelah utara DPRD Kudus, Desa Getas Pejaten, Kecamatan Jati, Kudus dilebarkan. Pelebaran itu menggunakan APBD Perubahan 2020 senilai Rp 200 juta. Hal itu dilakukan lantaran lebar jalan di sekitar DPRD Kudus terbilang sempit.

Dari pengamatan MURIANEWS, jalan di sebelah utara DPRD Kudus dilebarkan dengan cara betonisasi. Jalan yang lebarnya 2,5 meter itu nantinya akan bertambah menjadi 3,5 meter. Betonisasi itu dilakukan dari sebelah barat ke timur sepanjang 300 meter.

Di situ juga terdapat satu ekskavator dan satu truk yang disiapkan untuk melakukan pelebaran jalan. Dua buah papan bertuliskan “Hati-hati sedang ada pengerjaan proyek” diletakkan di sebelah barat dan timur jalan.

Salah seorang pelaksana pelebaran jalan, Aris Santiko mengatakan pihaknya sudah memulai pengerjaan pelebaran jalan sejak Rabu (02/12/2020).

“Pengerjaannya sudah kami mulai kemarin dengan total 19 pekerja yang mulai bekerja pukul 08.00. Tadi jam setengah tiga pagi baru selesai. Terus kami mulai lagi pagi ini,” katanya, Kamis (03/12/2020).

Menurutnya pelebaran jalan dengan betonisasi agar lebih baik kualitasnya. “Kalau jalan yang sudah ada ini kan hanya aspal. Untuk pelebarannya ini kami gunakan beton FS 45. Kualitasnya lebih bagus,” terang dia.

Terpisah, Kepala Bidang Binamarga Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kudus Harry Wibowo menyampaikan pelebaran dilakukan supaya akses di sekitar DPRD Kudus lebih mudah.

Harry menyebut, pelebaran jalan tersebut menggunakan APBD Perubahan sebesar Rp 200 juta.

“Pelebarannya hanya 300 meter dari barat ke timur menggunakan dana APBD Perubahan 2020. Saat ini eksisting jalannya 2,5 meter dan nantinya akan menjadi 3,5 meter,” imbuhnya.

 

Reporter: Vega Ma’arijil Ula
Editor: Ali Muntoha

Comments
Loading...